Kilas

Ini Capaian Ditjen PKH di Tanah Air

Kompas.com - 12/04/2018, 18:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) sudah melakukan upaya bagi kemajuan peternakan di Tanah Air. Direktur Kesehatan Hewan Fadjar Sumping Tjatur Rasa menjelaskan, pada 2018, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) PKH telah mengalokasikan kurang lebih Rp 31,2 miliar untuk membiayai operasional 1.100 petugas THL dokter hewan dan paramedik veteriner di lapangan.

"THL dokter hewan dan paramedik veteriner bertugas memberikan pelayanan optimal dalam pencegahan, pemberantasan dan penanggulangan penyakit hewan menular, serta pendampingan khusus pada program Upsus Siwab,” ungkapnya.

Menurutnya, petugas ini akan melakukan pengamatan dini, mengidentifikasi faktor risiko penyakit hewan, pelayanan reproduksi, pengobatan untuk ternak sakit, dan tak kalah pentingnya adalah pencegahan penyakit hewan.

Selain itu, petugas THL juga memberikan informasi dan edukasi kepada peternak tentang cara beternak yang baik, termasuk mengajarkan peternak untuk mengenali gejala berahi pada ternaknya.

"Peningkatan populasi dapat dicapai bila ternak bereproduksi secara optimal, kunci utamanya ya ternak harus sehat," ucap Fadjar.

Lebih lanjut ia menyampaikan, THL merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan dan melaporkan bila ada kasus yang membutuhkan tindak lanjut secara cepat. Selain itu dengan adanya petugas THL, puskeswan (pusat kesehatan hewan) di tingkat kecamatan menjadi lebih hidup, pelayanan kesehatan hewan dan reproduksi bisa diakses lebih mudah dan cepat bahkan untuk lokasi-lokasi yang cukup sulit dijangkau.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.