Kilas

Berkah Alsintan bagi Pemuda Bulukumba

Kompas.com - 26/04/2018, 16:49 WIB

BULUKUMBA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dibuat salut oleh petani muda asal Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Dengan semangat kerja kerasnya, pemuda bernama Armen (24) bisa mendapat penghasilan per hari sebesar Rp 400.000 per hari pada saat musim panen padi tiba. Angka ini setara dengan Rp 12 juta per bulan dalam hitungan kasar.


Armen merupakan pengelola sekaligus operator alat mesin pertanian (alsintan) berupa combine harvester dan traktor. Ia mengaku bekerja mulai pukul 07.00 WITA hingga pukul 24.00 WITA.

Pengakuan Armen itu sontak membuat menteri Amran terkejut sekaligus kagum.

Menurutnya Armen bisa menjadi contoh pemuda pekerja keras dan pintar dalam melihat peluang, “Di dunia ini, tidak ada sejarahnya orang sukses yang bukan pekerja keras. Armen bisa menjadi inspirasi kita,” kata Amran.

Senada pengakuan Armen, pemuda lain, Andi Sarullahi memang mengakui bahwa Armen melakukan lebih dari pemuda rata-rata dalam memanfaatkan alsintan.

“Dia mau melakukan yang orang lain jarang mau melakukan,” kata Andi.

Modernisasi pertanian memang menjadi program prioritas Kementerian Pertanian. Menteri Amran menggalakkan penggunakan alsintan untuk efektivitas menggenjot produksi para petani.

Alsintan juga diharapkan mampu mendorong kesejanteraan petani.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com