Tingkatkan Pengalaman Belanja, Agung Sedayu Retail Indonesia Rilis Aplikasi SedayuOne - Kompas.com
Advertorial

Tingkatkan Pengalaman Belanja, Agung Sedayu Retail Indonesia Rilis Aplikasi SedayuOne

Kompas.com - 12/05/2018, 00:19 WIB
- -

Anda pengunjung setia mall-mall yang dikelola oleh Agung Sedayu Retail Indonesia (ASRI) seperti Mall of Indonesia, PIK Avenue, dan Grand Galaxy Park Bekasi pastinya sudah akrab dengan SedayuOne. Program loyalitas untuk pelanggan setia mall-mall yang dikelola ASRI.

Program loyalitas ini menawarkan beragam keuntungan lebih bagi pelanggan setia saat berbelanja di tiga mal tersebut. Setiap pembelanjaan dapat ditukarkan menjadi poin reward oleh pemegang SedayuOne Membership.

Poin yang sudah terkumpul nantinya bisa ditukarkan menjadi voucher belanja, merchandise, hadiah langsung, hingga kesempatan memperoleh hadiah utama mobil mewah, jalan-jalan ke luar negeri, dan voucher belanja jutaan rupiah dalam program belanja berhadiah di tiga mall tersebut.

Selain itu pemegang SedayuOne Membership juga bisa menikmati promo atau diskon menarik dari tenant yang berpartisipasi dalam setiap program belanja yang diselenggarakan di mall-mall ASRI.

Nah, saat ini pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan dapat dirasakan oleh pemegang SedayuOne Membership. ASRI meluncurkan aplikasi SedayuOne. “Semua upaya yang kami lakukan, termasuk meluncurkan aplikasi SedayuOne bertujuan untuk memberikan pengalaman yang  genuine dan holistik untuk pelanggan setia. Ini sesuai visi misi kami sebagai peritel nomor satu yang mengedepankan lifestyle ,” ujar Head of Lifestyle Division ASRI Nazira C Noer saat acara peluncuran di All Sedayu Hotel, Jumat (11/5/2018).

- -

Aplikasi ini layaknya kartu membership versi digital. Melalui aplikasi ini pemegang SedayuOne Membership dapat menikmati kemudahan berbelanja yang sama, tetapi dengan pengalaman yang berbeda dan cara yang lebih praktis.

Pemegang SedayuOne Membership dapat mengecek jumlah poin yang terkumpul melalui aplikasi ini. Pemegang SedayuOne Membership juga dapat menukarkan poin yang dimiliki menjadi e-voucher melalui aplikasi ini. Kemudian e-voucher dapat digunakan setiap kali melakukan pembayaran di tenant-tenant Mall of Indonesia, PIK Avenue, dan Grand Galaxy Park Bekasi. Lebih praktis, hanya perlu sekali klik.

Selain kemudahan dalam penggunaan e-voucher belanja, pemilik aplikasi SedayuOne juga dapat memperoleh beragam penawaran menarik dari ratusan tenant di Mall of Indonesia, PIK Avenue, atau Grand Galaxy Park Bekasi cukup dengan melakukan pemindaian barcode pada aplikasi. Jika sedang ada program-program belanja di mal-mal yang dikelola ASRI, pemilik aplikasi ini pun dapat memperoleh gift voucher yang dikirimkan melalui push notification dan email.

“Ini merupakan bentuk inovasi yang dilakukan ASRI. SedayuOne merupakan program loyalitas pelanggan pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi digital pertama. Kami menjadi penggagas pertamanya. Harapannya pelanggan bisa memperoleh kemudahan lebih dalam setiap transaksi belanja,” ujar Harry Pratama, Manager SedayuOne pada kesempatan yang sama.

Harry mengatakan konsep e-voucher merupakan terobosan dari ASRI dan SedayuOne untuk mempermudah proses penukaran poin menjadi voucher belanja. Member SedayuOne tidak perlu lagi repot menukarkan poin menjadi voucher fisik di customer service. Penukaran poin bisa dilakukan secara digital di aplikasi. Voucher juga akan terhindar dari kemungkinan hilang atau rusak.

Bagi mall, keuntungan penggunaan e-voucher ini adalah mudahnya melacak kapan waktu penukaran voucher, frekuensi penggunaan voucher, digunakan di tenant mana saja dan kapan. Tujuannya supaya mal bisa dengan akurat melacak perilaku konsumennya  dan membuat program yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Selain itu juga mendukung gerakan go green dengan meminimalisir penggunaan kertas.   

Proses sosialisasi dan migrasi pelanggan dari kartu membership fisik ke aplikasi SedayuOne sudah dilakukan sejak Januari. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 20.000 pelanggan yang mengunduh aplikasi ini.

- -

Harry mengatakan ASRI dan manajemen SedayuOne memiliki target untuk menghimpun 100.000 member yang mengunduh aplikasi SedayuOne di 2019. “Saat ini nilai transaksi dari tiga mall adalah Rp 20 miliar. Harapannya dengan menghimpun 100.000 member di 2019 kami bisa meningkatkan lagi total nilai transaksi,” ujarnya.

Untuk menghadirkan aplikasi SedayuOne, ASRI bekerja sama dengan PT Gilkor, penyedia solusi interaksi dan loyalitas pelanggan bagi mal dan peritel besar. Aplikasi ini memanfaatkan sistem inovatif bernama Engagement Loyalty System (ELYS).

Sistem ini telah terbukti berhasil meningkatkan loyalitas pelanggan dan jumlah pengunjung. Sistem ini juga akan membantu mal dan peritel besar memonitor keinginan pelanggan dan menyediakan pilihan cara interaksi yang tepat dengan mereka berdasarkan data pelanggan.

“Aplikasi ini akan terus berkembang. Kemungkinan kedepannya akan ada modul-modul baru, fitur-fitur baru yang disesuaikan dengan kebutuhan ASRI,” ujar Jessica Ariel dari manajemen PT Gilkor. 

Aplikasi ini dapat diunduh melalui Appstore dan Google Playstore. Setelah mengunduh aplikasi SedayuOne, daftarkan alamat email, nomor ponsel yang aktif, dan buat PIN. Pendaftaran selesai. Sebagai apresiasi dari ASRI dan SedayuOne, pemegang membership yang mengunduh aplikasi ini akan dihadiahi satu e-voucher gratis yang dapat digunakan langsung untuk berbelanja.

Tidak hanya di mal-mal, memiliki aplikasi SedayuOne, kata Harry Pratama, member dapat menikmati beragam benefit di semua jaringan ASRI. Termasuk hotel yang dikelola Agung Sedayu dan bioskop iFlix.