Advertorial

Hologram Batik Asli Bergaransi untuk Menegaskan Keaslian Batik

Kompas.com - 22/05/2018, 19:12 WIB
- --

Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) atas inisiatif Batik Pick Up (BPC) Pekalongan telah mengeluarkan stiker hologram batik asli yang dipakai pedagang perajin batik peserta Inacraft dari Pekalongan sebagai proyek percontohan.

Hal itu adalah tindak lanjut dari dimasukkannya batik ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia oleh UNESCO dalam Sidang Keempat Komite Antarpemerintah mengenai Warisan Budaya Tak benda di Abu Dhabi 2009 lalu.

Lindungi batik dan konsumen

Hologram batik yang diinisiasi oleh BPC ASEPHI Pekalongan itu merupakan perlindungan batik tulis, cap, atau kombinasi tulis cap, khususnya kepada konsumen untuk menjadi konsumen cerdas.

Hologram batik Asli Bergaransi ASEPHI merupakan upaya menggaransi keaslian batik yang dibeli konsumen. Hal ini juga merupakan kepedulian ASEPHI dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai apa itu batik.

Saat ini masyarakat menilai batik dari motif, sementara yang dimaksud batik adalah prosesnya. Oleh sebab itu, kurang pahamnya masyarakat menilai batik asli membuat mereka kebanyakan menganggap batik hanya karena ada motif batik.

Pertimbangan penggunaan Hologram Batik Asli

Penggunaan Hologram Batik Asli yang diawali di Pekalongan dan Jawa Tengah ini juga dalam rangka turut mendukung upaya pelestarian batik asli dan memberikan edukasi kepada masyarakat pembeli dan pencinta batik.

Upaya penggunaan Hologram Batik Asli itu diawali dari produk-produk batik yang dijual dalam program promosi oleh ASEPHI dengan 10 pertimbangan berikut ini:

1. Hologram Batik Asli adalah jawaban teknologi atas upaya perlindungan budaya tak benda.

2. Hologram Batik Asli untuk menegaskan, batik adalah teknik perintang warna pada kain dengan perantara canting dan lilin sehingga batik bukan semata motif, melainkan proses.

3. Hologram Batik Asli untuk mengembalikan semangat berniaga batik dengan jujur. Menjelaskan batik adalah sebuah produk yang terdiri dari batik tulis, cap, atau gabungan proses keduanya.

4. Hologram Batik Asli sebagai perlindungan konsumen dan pencinta batik melalui penanaman fitur keamanan berwujud stiker QR code system yang diterbitkan oleh PT Pura Barutama, Kudus.

5. Hologram Batik Asli nanti akan ditempelkan ke setiap produk batik sebagai garansi bahwa batik itu asli, yakni batik tulis, batik cap, atau kombinasi keduanya.

6. Hologram Batik Asli bertujuan menggaransi keaslian batik sesuai penghargaan UNESCO terhadap batik Indonesia.

7. Hologram Batik Asli menganut semangat sukarela. Hal itu berarti pemasangan hologram bukan keharusan dan tidak ada paksaan.

8. Hologram Batik Asli diharapkan menjadi bentuk perlindungan terhadap produk batik anggota ASEPHI secara nasional.

9. Hologram Batik Asli memberi kesempatan perajin-pedagang batik di luar ASEPHI untuk mendapat kesempatan memanfaatkan stiker hologram batik asli, mengingar ASEPHI adalah organisasi yang bersifat terbuka.

10. Setiap produk kerajinan adalah istimewa. Produk yang meski tampak sederhana benar-benar dikerjakan dengan tidak mudah karena setiap produk dipastikan melewati proses produksi yang telah diakui dunia.