Kilas

Begini Cara Praktis Tingkatkan Minat Baca di Sulawesi Utara

Kompas.com - 24/05/2018, 16:55 WIB
Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven O.E. Kandouw, menghadiri road show perpustakaan tingkat Provinsi Sulawesi Utara di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Sitaro, Rabu (23/5/2018). Dok. Humas Pemprov SulutWakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven O.E. Kandouw, menghadiri road show perpustakaan tingkat Provinsi Sulawesi Utara di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Sitaro, Rabu (23/5/2018).


KOMPAS.com - Pembangunan perpustakaan, taman bacaan, dan rumah baca sangat dibutuhkan masyarkat di Sulawesi Utara.

Menurut Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven O.E. Kandouw, seluruh pembangunan itu bisa menjadi sarana menumbuhkan minat baca masyarakat.

"Arus informasi yang lengkap, akurat, aktual dan terpercaya melalui sarana dan prasarana membaca, seperti perpustakaan, taman bacaan atau rumah baca sangatlah diperlukan agar insan-insan pembangunan dapat menjadi penentu jalannya kehidupan bangsa dan negara ke depan," kata Steven saat menghadiri road show perpustakaan tingkat Provinsi Sulawesi Utara di halaman kantor Bupati Kepulauan Sitaro, Rabu (23/5/2018).

(Baca: Membaca Asyik di Perpustakaan Kemdiknas)

Masyarakat di negara-negara maju umumnya memiliki kebiasaan membaca yang baik. Membaca, ia melanjutkan, merupakan aktivitas yang tak dapat dipisahkan dari kegiatan sehari-hari.

"Mereka sering memanfaatkan waktu luang dengan membaca di mana pun berada. Bahkan, ketika makan pun mereka masih menyempatkan membaca. Artinya, salah satu ciri hidup masyarakat maju adalah menjadi pembaca sepanjang hayat," katanya.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat Sulawesi Utara untuk mulai menumbuhkan kegemaran membaca.

Ilustrasi anak membaca bukuKOMPAS.com/ KURNIASIH BUDI Ilustrasi anak membaca buku

"Sebagai langkah awal, maka kita harus terlebih dahulu menjadi contoh, dengan menjadikan membaca sebagai the way of life, sambil terus berupaya menggeser sebuah tradisi membaca yang hanya untuk kepentingan akademik. Selanjutnya, diperlukan sebagai langkah strategis lainnya, seperti melalui pelaksanaan kegiatan road show  perpustakaan," ujarnya.

Kegiatan road show perpustakaan yang digelar di Kepulauan Satori merupakan wahana untuk mengembangkan perpustakaan dan memasyarakatkan budaya membaca.

Dengan begitu, masyarakat diharapkan bisa berpartisipasi aktif memberdayakan perpustakaan di masa depan.

Baca tentang