Kilas

Toleransi Harus Tetap Dijaga Masyarakat Minahasa

Kompas.com - 30/05/2018, 15:42 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, tak pernah berhenti mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus menjaga toleransi, kebersamaan, serta ketertiban.

Pesan itu disampaikan Olly saat berkunjung ke acara Ibadah Syukur Hut Ke- 182 Jemaat Zaitun Kiawa Wilayah Kawangkoan Satu, peresmian gedung SD GMIM 1 Kiawa dan Kanisah GMIM Zaitun Kiawa, serta peresmian menara dan balkon Gereja GMIM Eben Haezer Tember Wilayah Tumompaso Satu.

Politisi PDI Perjuangan itu mengajak seluruh komponen masyarakat, baik antar-sesama pemerintah, mau pun masyarakat untuk bersinergi dan menjaga toleransi.

"Dalam membangun daerah dan jemaat, dibutuhkan kerja sama antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota agar pembangunan berjalan selaras," ujar Olly Dondokambey di Kabupaten Minahasa, Selasa (29/5/2018).

B(aca: Olly Dondokambey Ajak Masyarakat Jaga Toleransi)

Menurut dia, gereja sebagai umat Allah memang dibutuhkan dalam menjalankan roda pemerintah di daerah.

Oleh karenanya, gereja tetap bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menjaga kehidupan yang harmonis, rukun, dan tetap berintegritas dalam kehidupan sosial. Termasuk, imbuhnya, saat berelasi dengan umat beriman beragama lain.

“Saya berkomitmen untuk terus membangun Sulawesi Utara. Yesus telah bangkit dengan itu mari kita terus bersemangat untuk membangun sulut,” ujarnya.

Lawan hoaks

Ia pun mengajak masyarakat untuk lebih kritis menanggapi segala bentuk berita di media sosial.

Masyarakat Sulut juga harus menolak berita hoaks agar kehidupan damai antar-sesama masyarakat dapat terus terjaga.

"Masyarakat harus mampu mempertahankan predikat Sulut sebagai daerah dengan toleransi tertinggi di Indonesia," katanya.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com