Advertorial

Dipimpin Emil-Arifin, Trenggalek Kembali Raih WTP

Kompas.com - 02/06/2018, 04:02 WIB
Kabupaten Trenggalek kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) diterima oleh Plt. Sekda Kusprigianto dan Ketua DPRD Samsul Aam, Kamis (31/5/18) di kantor BPK perwakilan Jawa Timur.Dok. Humas Pemkab Trenggalek Kabupaten Trenggalek kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) diterima oleh Plt. Sekda Kusprigianto dan Ketua DPRD Samsul Aam, Kamis (31/5/18) di kantor BPK perwakilan Jawa Timur.

TRENGGALEK, KOMPAS.com - Kabupaten Trenggalek kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Laporan Hasil Pemeriksaan( LHP) ini diterima oleh Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Kusprigianto, dan Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, Samsul Anam, kKmis (31/5/18) di kantor BPK perwakilan Jawa Timur.

Pada 2017, Trenggalek juga mendapatkan predikat WTP atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2016.

(Baca: Kinerja Meningkat Pesat, Trenggalek Raih Bintang Tiga dari Kemendagri)

Tahun ini, Plt. Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur, Ayub Amali, menyerahkan secara langsung opini tersebut.

Ayub mengatakan, LKPD yang telah diperiksa oleh BPK (LKPD audited) tersebut dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, utamanya terkait dengan penganggaran.

Menurut dia, sebelum LHP atas LKPD Tahun Anggaran 2017 diserahkan, BPK telah meminta tanggapan pada setiap pemerintah kabupaten/kota atas konsep rekomendasi dari BPK, termasuk rencana aksi yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

"Dengan demikian akan tercipta akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah sehingga akan menjadi kebanggaan bersama," ujar Ayub Amali.

(Baca: Trenggalek Dapat Acungan Jempok Bappenas)

Sementara itu, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Kusprigianto, bersyukur atas capaian kinerja pemerintah yang dinahkodai Emil Dardak dan Mochammad Nur Arifin ini.

"Alhamdulillah bertepatan di bulan suci Ramadhon 1439 Hijriah, bulan yang penuh hikmah dan penuh Barokah, ini merupakan pretasi besar kita bersama, prestasi Kabupaten Trenggalek yang telah kita raih 2 kali berturut - turut dalam 2 tahun terakhir," katanya dalam siaran tertulis.

Opini WTP tersebut merupakan hasil penilaian dari BPK atas LKPD yang merupakan audit atas pelaksanaan perencanaan, penganggaran, dan pertanggungjawaban keuangan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

(Baca: Bupati Trenggalek Serahkan Nota Pertanggungjawaban Kinerja 2017)

"Opini WTP ini juga bisa diartikan Trenggalek menjadi salah satu daerah yang amanah dalam menjalankan tugasnya dalam mengelola keuangan daerah," ujarnya.

Untuk diketahui bahwa opini WTP Tahun 2017 lalu adalah Opini WTP pertama kali sepanjang sejarah Pemerintah Kabupaten Trenggalek atas LHP LKPD Tahun 2016. Sedangkan, opini  WTP Tahun 2018 ini adalah merupakan LHP LKPD Tahun 2017. (KONTRIBUTOR TRENGGALEK/ SLAMET WIDODO)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: