Advertorial

Manfaatkan Bulan Ramadhan untuk Biasakan Bicara Baik di Media Sosial

Kompas.com - 08/06/2018, 14:21 WIB

Keterbukaan di era digital seringkali membuat kebebasan berpendapat kebablasan. Diskusi dan adu argumentasi kerap dibumbui emosi sehingga berujung saling serang secara verbal, terutama di media sosial. Perbedaan pendapat dalam suatu isu disebut menjadi penyebab keluarnya kata-kata tidak mengenakkan yang ditujukan kepada lawan bicara. Akibatnya, hubungan baik pun menjadi renggang.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Selain sebagai momentum untuk memperbaiki ibadah, bulan puasa juga merupakan waktu yang tepat untuk menumbuhkan kebiasaan baik. Salah satunya adalah kebiasaan untuk berbicara baik.

Menurut data yang dihimpun Kompas.com, pada tahun 2017 ada sekitar 51 ribu unggahan konten negatif tersebar di media sosial. Di bulan yang penuh ampunan ini, Kimia Farma bersama Kompas.com mengajak generasi muda untuk mengkampanyekan gerakan “Bicara Baik” di media sosial. Gerakan ini mendorong para pengguna media sosial, terutama millennial sebagai garda depan generasi muda, untuk menjaga lisan dan tulisan dalam berinteraksi, baik di keseharian maupun media sosial.

Kampanye ini pun digulirkan untuk mendukung suasana positif di bulan Ramadhan. Kimia Farma melalui salah satu produk unggulannya, Enkasari, menggelar acara “Ramadhan Bicara Baik Bersama Enkasari” yang akan diselenggarakan pada Jumat (9/6) mendatang di The Hook Café & Restaurant Senopati, Jakarta Selatan.

Acara akan diisi dengan tausiyah islami oleh Ustaz Asep Supriatna dengan suasana santai khas anak muda. Acara ngabuburit dan buka puasa bersama yang dipandu oleh Genda Achmad ini akan membahas bagaimana cara mencari berkah dengan menjaga lisan di media sosial selama bulan suci Ramadhan, sejalan dengan semangat #BicaraBaikEnkasari.

Ajakan #BicaraBaikEnkasari ini pun akan berlanjut usai acara. Enkasari mengajak seluruh peserta untuk membagikan pesan dan kata-kata baik yang didapatkan dari acara tersebut melalui media sosial Instagram. Dengan demikian, tak hanya para peserta yang mendapatkan manfaatnya. Ajakan ini akan tersebar semakin luas dan menyejukkan hati orang yang membacanya.

Selain menjaga postingan di media sosial, jangan lupa untuk menjaga mulut saat berpuasa. Bukan cuma soal menjaga lisan saat berbicara, kesehatan mulut pun harus diperhatikan. Enkasari mampu membantu menjaga kesehatan mulut selama berpuasa. Kandungan herbalnya, yaitu akar manis, daun saga, dan daun sirih telah diakui manfaatnya untuk menjaga kesehatan dan kesegaran mulut.

Jadikan bulan Ramadhan ini sebagai permulaan untuk menerapkan kebiasaan #BicaraBaikEnkasari di media sosial dan keseharian ke depannya. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com