Kilas

Jelang Lebaran, Mensos Santuni Korban Kebakaran di Pinrang

Kompas.com - 12/06/2018, 18:42 WIB
Menteri Sosial Idrus Marham mengunjungi rumah keluarga korban kebakaran di Pinrang, Sulawesi Selatan. Dok. Humas KemensosMenteri Sosial Idrus Marham mengunjungi rumah keluarga korban kebakaran di Pinrang, Sulawesi Selatan.


KOMPAS.com - Menteri Sosial Idrus Marham mengunjungi warga korban kebakaran di Kelurahan Maccirinna, Patampanua. Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Minggu (10/6/2018).

Sehari setelah kebakaran, Idrus Marham datang ke Pinrang dan isak tangis oleh pasangan suami-istri Mukaddas bersama 4 anggota keluarganya.

"Ini adalah bentuk kepedulian dari Kementerian Sosial, sekaligus  sebagai realisasi dari pesan Presiden Jokowi bahwa setiap anak bangsa harus dipastikan jangan sampai ada yang tidak makan. Dan itu saya ingin coba pastikan dan buktikan kenyataan yang terjadi di lapangan," kata Idrus Marham dalam siaran tertulis, Selasa (12/6/2018).

(Baca: Kemensos Jemput Bola Atasi Persoalan Keluarga)

Idrus mengaku, ia hadir ke lokasi korban kebakaran untuk memberikan semangat sekaligus menyampaikan bantuan berupa sembako dan uang tunai sebesar Rp 15 juta.

Ia berharap, uang tersebut dapat menjadi modal untuk membangun rumah yang terbakar.

Saat berkunjung, Mensos berdialog dengan anak-anak korban kebakaran. Salah satu anak korban mengaku tak lagi memiliki pakaian kecuali yang menempel di badan.

Menteri Sosial Idrus Marham mengunjungi keluarga korban kebakaran di Pinrang, Sulawesi Selatan, Minggu (10/6/2018)Dok. Humas Kemensos Menteri Sosial Idrus Marham mengunjungi keluarga korban kebakaran di Pinrang, Sulawesi Selatan, Minggu (10/6/2018)

Seluruh pakaian dan harta benda mereka ludes dilalap si jago merah. Kebakaran yang menghanguskan rumah milik keluarga Mukaddis terjadi pada Sabtu (9/6/2018) sekira pukul 12.00 WIT.

Api diduga berasal dari aliran listrik yang korslet, lalu merembet ke tabung gas yang kemudian meledak. Rumah yang terbakar terletak di pelosok dan relatif sulit terjangkau kendaraan umum.