Advertorial

Chairman Jababeka Satu-satunya Orang Indonesia yang Dapat Gelar Honoris Causa dari Universitas Glasgow Skotlandia

Kompas.com - 13/06/2018, 23:19 WIB

SKOTLANDIA, 13 Juni 2018 – Pendiri dan Chairman Grup Jababeka S.D. Darmono mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa (H.C) atau gelar kehormatan dari Universitas Glasgow Skotlandia, di Bute Hall, Rabu (13/6). Menariknya Darmono menjadi satu-satunya orang Indonesia dari 10 orang terhormat yang mendapatkan gelar kehormatan di acara tersebut.

Gelar tersebut diberikan oleh Professor Sir Kenneth Calman, Rektor Universitas Glasgow tepat pada hari ulang tahun dari Yayasan Universitas Glasgow yang telah berdiri sejak tahun 1451.

- -

Profesor Anton Muscatelli, Senat Guru Besar dan Wakil Rektor Universitas Glasgow mengatakan, “Kami menghormati dan mengakui individu yang telah mencapai tingkat keberhasilan yang luar biasa dan yang telah memberikan kontribusi besar untuk bidang mereka, tidak hanya di Skotlandia, tetapi juga di seluruh Inggris bahkan dunia.

"Kami senang merayakan keberhasilan semua lulusan kami dan saya berharap dapat berdiskusi dengan mereka dan bekerja sama dengan mereka lebih erat di masa depan."

Darmono merupakan pengusaha yang telah berjasa membangun kota di Cikarang dengan luas 5.600 hektar yang mendatangkan lebih dari 1700 investor dari 30 negara dan mempekerjakan 1 juta orang. Selain di Cikarang, Darmono juga membangun kota di Kendal, Tanjung Lesung dan Morotai. Pencapaian tersebut juga dihargai oleh Presiden Jokowi yang turut meresmikan KEK Tanjung Lesung, serta KEK Morotai dan Kawasan Industri Kendal. Pemerintah pun turut membantu menetapkan Tanjung Lesung dan Morotai sebagai bagian dari destinasi wisata 10 “Bali Baru” atau Beyond Bali.

- -

Pemberian gelar kehormatan tersebut juga diberikan kepada 9 orang lainnya seperti Andrew Neil (penyiar dan jurnalis), Susan Calman (penyiar dan pelawak), Dave Anderson (direktur teater), Sandy Brindley (Chief Executive dan Koordinator Nasional Rape Crisis Scotland), Pat Cassidy (Govan Workspace), Professor David Galloway (Presiden Royal College of Physicians and Surgeons), Sir Harpal S Kumar (Chief Executive Officer, Cancer Research UK), Karine Polwart (penulis lagu dan komposer), dan Dr Lena Wilson CBE (mantan Chief Executive dari Scottish Enterprise).

- -

Sebagai Informasi , Glasgow University adalah University ranking 2 di UK setelah Cambridge University , disusul ke 3 Oxford University. University Glasgow sangat selektif dalam memberikan gelar Doktor Honoris Causa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com