Kilas

Mensos Serahkan Bantuan Rp 6,9 Miliar untuk Korban Sinabung

Kompas.com - 10/07/2018, 12:52 WIB

KABANJAHE, KOMPAS.com - Menteri Sosial Idrus Marham menyerahkan bantuan jaminan hidup (jadup) untuk korban erupsi Gunung Sinabung di hunian sementara pada relokasi tahap tiga Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara.

"Pesan Bapak Presiden, apabila ada anak bangsa yang terkena masalah harus diberikan bantuan. Ini bentuk tanggung jawab negara kepada rakyat," kata Idrus dihadapan pengungsi erupsi Sinabung di Pendopo Bupati Tanah Karo, di Kabanjahe, Senin (9/7/2018).

Mensos didampingi Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat, Bupati Tanah Karo Terkelin Brahmana, dan sejumlah pejabat lainnya menyerahkan jadup secara simbolis kepada perwakilan pengungsi.

Jadup yang diberikan mencapai lebih dari Rp 6,9 miliar untuk 7.690 jiwa pengungsi dari Kecamatan Namanteran, Kecamatan Simpang Empat, dan Kecamatan Tiganderket.

Menteri Sosial Idrus Marham menyerahkan bantuan sosial bagi masyarakat korban bencana alam Gunung Sinabung di Sumatera Utara, Senin (9/7/2018)Dok. Humas Kemensos Menteri Sosial Idrus Marham menyerahkan bantuan sosial bagi masyarakat korban bencana alam Gunung Sinabung di Sumatera Utara, Senin (9/7/2018)

Idrus mengatakan, sejak awal Gunung Sinabung erupsi hingga saat ini total bantuan yang sudah diserahkan pemerintah mencapai Rp 79 miliar.

"Saya ingatkan, mohon uang itu betul-betul digunakan untuk kepentingan keluarga," kata dia.
Pemerintah akan terus memberikan perhatian kepada rakyat termasuk yang menjadi korban bencana.

Ia juga meminta Bupati Tanah Karo Terkelin Brahmana untuk mendata warganya yang menjadi korban erupsi yang tergolong miskin.

Nantinya, keluarga-keluarga miskin akan diikutsertakan dalam Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Beras Sejahtera (Rastra).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com