Kilas

Festival Bunga Tomohon ke-8 Diharapkan Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Kompas.com - 19/07/2018, 15:29 WIB
Launcing event Tomohon International Flowers Festival di Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Senin (9/7/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIALauncing event Tomohon International Flowers Festival di Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Senin (9/7/2018).

KOMPAS.com- Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengaharapkan penyelenggaraan acara Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018 atau yang lebih dikenal dengan Festival Bunga Tomohon dapat mendongkrak pertumbuhan dunia pariwisata di Sulut.

“Kami harap, festival ini dapat mendatangkan keuntungan besar bagi Sulut, khususnya Kota Tomohon untuk menggaet wisatawan baik lokal maupun mancanegara lebih banyak lagi,” kata Olly saat audiensi bersama panitia penyelenggara TIFF, Rabu (18/7/2018).

Tiff digelar tiap tahun. Pada dasarnya, penyelenggaraan rutin meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tomohon.

Selama event, mulai dari petani bunga, toko bangunan, para desainer, hingga jasa penyewa mobil mendapatkan penghasilan yang meningkat. Karenanya tingkat perekomian masyarakat pun terdongkrak.

Wali Kota Tomohon Jimmy Eman saat melaporkan kesiapan panitia menjelaskan bahwa TIFF 2018 mengusung tema Beautlful Tomohon. Tema itu diambil untuk menegaskan bahwa Tomohon sebagai kota bunga memiliki alam yang indah dan dikaruniai banyak gunung. Di antaranya ada Gunung Lokon, Empung, Tatawiran, Mahawu, Tampusu, Masarang, dan Kasuratan.

“Di samping itu, Tomohon juga memiliki keindahan danau yaitu danau Tampusu, Linow, pangolombian, Sineleyan, Panunuzaen, Linow Oki, dan Kasewean. Keindahan Tomohon semakin sempurna untuk dikunjungi dengan keberadaan air terjun yaitu Tapahan Rinokrok, Tumimperas, Regesan, Ranowawa,Tekaan Telu, Kanderawatu, dan Kinapesutan,” tambahnya.

Rangkaian kegiatan TIFF 2018 akan terdiri dari Tournament of Flowers atau Flower Parade dan Flower Fashion Carnival. Acaranya akan berlangsung di Jalan Protokol Kota Tomohon pada 8 Agustus 2018.

Agenda lainnya adalah pameran Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo serta Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara yang berlangsung di Panggung Pameran Stadion Babe Palar Tomohon pada 7-12 Agustus 2018.

Baca tentang