Advertorial

Sido Muncul Rangkul Kris Aquino Kenalkan Tolak Angin di Filipina

Kompas.com - 27/07/2018, 07:28 WIB
- -

Ekspansi ke Filipina, Sido Muncul Gandeng Kris Aquino Bintangi Iklan Tolak Angin

Sebagai negara yang kaya akan ragam rempah, Indonesia memiliki berbagai warisan budaya, salah satunya adalah minum jamu, minuman herbal perpaduan berbagai macam rempah yang berkhasiat bagi tubuh. 

Tidak hanya di Indonesia, budaya konsumsi minuman herbal juga berkembang di berbagai negara, salah satunya Filipina. 

Sebagai produsen produk jamu, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk tengah memperluas pangsa pasarnya ke Filipina melalui produk andalannya, Tolak Angin. Bahkan saat ini Sido Muncul telah membuka kantor cabang di Manila, Filipina. 

Agar produk Tolak Angin mudah diterima oleh masyarakat Filipina, Sido Muncul pun menggarap iklan terbaru Tolak Angin bersama artis Filipina, Kris Aquino, Rabu (25/7). 

Kris Aquino merupakan aktris, presenter dan produser asal Filipina. Ia juga putri dari presiden ke-11 Filipina, Corazon Aquino sekaligus adik dari Beniqno Aquino III, presiden ke-15 Filipina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

- -

Ditemui saat proses pengambilan gambar di kawasan Candi Prambanan, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menyampaikan alasan pemilihan Kris Aquino sebagai bintang iklan Tolak Angin.

Irwan mengatakan, ia ingin memperkenalkan produk Tolak Angin melalui figur lokal Filipina agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat setempat terhadap produk Sido Muncul. 

“Kami sendiri memang mencari sosok yang terpercaya, yang telah mapan. Kris ini telah menjadi aktris dan presenter di sana, jadi ia memang orang terkenal dan memiliki image yang positif,” jelas Irwan. 

Hal serupa juga dikemukakan Maria Reviani Hidayat, Wakil Direktur Marketing Sido Muncul. Sebagai produk yang telah lama beredar di tengah masyarakat, Maria ingin memperkenalkan Tolak Angin dengan brand ambassador yang terpercaya. 

“Kami memang mencari brand ambassador yg sudah established, karena Tolak Angin telah diformulasikan sejak 1930, jadi produk ini telah lama beredar di pasaran. Kami juga menginginkan brand ambassador yang bisa membawa produk ini ke Filipina dengan image dia yang sesuai,“ terangnya. 

Kris Aquino sendiri menyambut baik tawaran Sido Muncul untuk mengenalkan Tolak Angin di negaranya. 

“Sebenarnya saya cukup pemilih untuk menjadi bintang iklan sebuah produk. Ketika saya mendapatkan penawaran dari Sido Muncul, saya meminta mereka untuk mengirimkan beberapa sample produk. Ketika saya mencobanya, produk ini juga terasa nyaman di tenggorokan dan saya sangat menyukainya. Saya katakan pada mereka, suatu kehormatan bagi saya dapat bekerja sama dalam merepresentasikan perusahaan mereka dan membawa produk ini ke negara saya,” tutur Kris.

- -

Tidak sekedar memperkenalkan produk, Sido Muncul juga ingin mengangkat potensi wisata Indonesia dalam iklan ini. Salah satunya dengan menjadikan Yogyakarta dan Semarang sebagai lokasi pengambilan gambar. 

Melalui cara tersebut, Irwan berharap agar publik Filipina dapat melihat keindahan pariwisata Indonesia sekaligus mendorong mereka agar berkunjung ke Indonesia. 

“Dalam iklan ini, Kami juga ingin memperkenalkan pariwisata Indonesia pada masyarakat Filipina agar pariwisata Indonesia lebih maju,” katanya.

Proses pengambilan gambar akan dilakukan pada beberapa tempat di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah, seperti Candi Prambanan, Jalan Malioboro, dan Pabrik Sido Muncul di Klepu, Semarang. 

Kris akan melihat langsung jalannya produksi Tolak Angin di pabrik modern Sido Muncul, mulai dari proses pengolahan bahan, penelitian di laboratorium pabrik hingga proses akhir.

Langkah tersebut dilakukan agar Kris dapat memiliki pemahaman mendalam terkait dan dapat mengenalkan produk ini secara lebih baik.

"Diharapkan Kris Aquino dapat percaya dengan apa yang akan dia promosikan dan menjadi jembatan informasi ke negaranya bahwa produk-produk Indonesia diolah dengan baik dan benar," lanjut Irwan.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.