Advertorial

Untar dan TNI Bekali Pendidikan Karakter Kepada Generasi Milenial

Kompas.com - 06/08/2018, 10:10 WIB
Rektor Universitas Tarumanegara,Agustinus Purna Irawan dalam acara cerdas cermat, kerja sama Untar dan TNI Rektor Universitas Tarumanegara,Agustinus Purna Irawan dalam acara cerdas cermat, kerja sama Untar dan TNI

Perguruan tinggi memiliki tanggung jawab untuk turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu program untuk mewujudkannya adalah melalui pengabdian kepada masyarakat.

Universitas Tarumanagara (Untar) bekerja sama dengan Korem Wijayakrama, Kodam Jaya dalam hal pengabdian masyarakat pada kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (2018) bertemakan "Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial".

Kegiatan yang dilaksanakan sejak 10 Juli hingga 8 Agustus 2018 mendatang merupakan salah satu kontribusi nyata Untar bersama komponen TNI, Polri, dan jajaran pemerintah lainnya dalam membangun masyarakat. 

Kegiatan sosial pengabdian masyarakat bersama TNI

Dosen dan mahasiswa Untar dari berbagai fakultas melakukan kegiatan sosial bersama TNI di wilayah Banten, antara lain Cisoka, Cisauk, dan Teluk Naga. Kegiatan yang terbaru dilaksanakan di Aula SMAN 28, Legok, Kabupaten Tangerang, Jumat (3/8/2018).

Kegiatan yang dilakukan dosen dan mahasiswa Untar adalah memberi sosialisasi tentang kesehatan, bahaya narkoba, dan pembinaan UKM. Khusus acara kali ini, Untar dan pihak TNI melaksanakan cerdas cermat yang diikuti perwakilan SMA dan SMK di Kabupaten Tangerang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan mengapresiasi terselenggaranya acara ini karena Untar mampu berbagi kompetensi yang dimiliki kepada masyarakat. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan keilmuan dan pengetahuan masyarakat.

“Untar sebagai perguruan tinggi memiliki kompetensi di berbagai bidang yang harus disalurkan kepada masyarakat langsung, khususnya anak-anak SMA/SMK agar mereka mampu menambah pengetahuan dan kompetensi mereka sebagai bekal untuk kelak menjadi pemimpin,” ujar dia.

Sengaja sasar generasi milenial

Generasi milenial sengaja disasar oleh Untar dan TNI untuk membekali mereka menghadapi persaingan sengit di masa mendatang. Komandan Korem Wijayakrama, Kolonel Kav Agustinus Purboyo menilai mereka perlu berkarakter untuk menghadapi era yang serba mudah dan instan.

“Kami pihak TNI menggandeng Untar untuk membekali para generasi milenial dalam menghadangi era yang serba mudah saat ini. Nilai-nilai seperti kerja keras dan sadar akan realita diperlukan untuk membangun karakter mereka sehingga mampu penerus bangsa yang kuat,” ucap dia.

Menanggapi hal itu, Rektor Untar menyatakan siap untuk terus berpartisipasi dalam membentuk karakter para generasi milenial. Ia juga berharap apa yang diberikan oleh Untar kepada masyarakat mampu diimplementasikan secara maksimal.

“Kami berharap masyarakat mampu mengambil nilai-nilai positif dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, serta kami ingin adanya kolaborasi antara perguruan tinggi, masyarakat, dan sekolah sehingga mampu memberikan pendidikan secara merata ke seluruh elemen masyarakat dan Untar siap untuk berpartisipasi dalam peran tersebut,” pungkas Agustinus.