Advertorial

Temukan Semua Keunikan Budaya Macao bersama Keluarga

Kompas.com - 09/08/2018, 15:57 WIB

Macao adalah tujuan wisata yang menawarkan berbagai keunikan budaya. Portugis tiba dan menetap di Macao pada pertengahan abad ke-16. Sejarah Macao juga dapat ditemui pada era Dinasti Qin (221-206). Kekayaan sejarah dan budaya ini memperkaya pariwisata Macao, menyatukan pesona barat dan timur dalam berbagai destinasi populernya.

Sebagai kota yang kaya akan warisan budaya, Macao memadukan tradisi Asia yang eksotis dengan warisan Portugis, membuat kunjungan ke Macao mudah diingat bagi siapa saja. Macao tidak hanya rumah bagi kuliner yang nikmat dan pemandangan yang indah, tetapi juga menawarkan berbagai kegiatan untuk keluarga yang dapat dinikmati bersama. Keunikan budaya Macao jelas tidak bisa dilewatkan.

Berikut deretan aktivitas keren yang bisa Anda nikmati bersama keluarga dan mampu membuat liburan semakin istimewa.

1. Jelajahi pusat sejarah Macao

Ruins of St. Paul?s, Macao. Ruins of St. Paul?s, Macao.

Keunikan budaya Macao bisa dinikmati dari berbagai situs sejarah yang ada. Arsitektur bangunan yang antik bisa menjadi sarana rekreasi sekaligus edukasi.

Jangan lupa, bentuk arsitektur bangunan yang unik merupakan latar foto yang bagus. Saat berkunjung, pastikan Anda sekeluarga mengabadikan momen di sana.

Apa saja situs bersejarah di Macao yang patut dikunjungi? Tentu saja Ruins of St. Paul’s, sebuah sisa reruntuhan gereja Katolik yang dulunya terbesar di Asia. Bangunan ini masuk daftar situs warisan dunia UNESCO.

Kisahnya, pada tahun 1835 hampir semua bangunan gereja itu terbakar. Yang tersisa hanya bagian depan, tampak seperti pintu gerbang yang unik dan megah.

Selain itu Anda juga bisa mengunjungi Holy House of Mercy yang didirikan oleh Uskup pertama di Macao pada tahun  1569,  Cathedral, dan St. Agustine’s Square.

Holy House of Mercy (Copyright © MGTO. All Rights Reserved) Holy House of Mercy (Copyright © MGTO. All Rights Reserved)

Destinasi lainnya adalah Dom Pedro V Theatre, St. Joseph Seminary, Sir Robert Ho Tung Library, dan A-Ma Temple.

Sir Robert Ho Tung Library (Copyright © MGTO. All Rights Reserved) Sir Robert Ho Tung Library (Copyright © MGTO. All Rights Reserved)

Yang tak boleh terlupa, kunjungi pula Guia Fortress, bangunan kapel dan mercusuar. Arsitektur bangunan ini tampak menggabungkan tema barat dan China yang sangat kental. Guia Fortress pun menjadi wajah kesempurnaan dimensi multikultural Macao.

Guia Fortress (Copyright © MGTO. All Rights Reserved) Guia Fortress (Copyright © MGTO. All Rights Reserved)

Menariknya lagi, di sini Anda bisa berkeliling dengan kereta gantung terpendek di dunia. Dari kereta gantung, pengunjung bakal terpana menyaksikan keindahan panorama Macao.

- -

2. Mengagumi pesona Taipa Village

Taipa Village Taipa Village

Taipa Village memiliki banyak tempat unik yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Salah satunya Rua Do Cunha, destinasi favorit para pecinta kuliner di Macao.

Tempat lainnya, ada Taipa Houses Museum, sebuah bangunan dengan arsitektur unik khas, yang merupakan gabungan dari lima rumah kuno bergaya Portugis. Kelima rumah ini memiliki museum-museum kecil seperti Nostalgic House, Macanese Living Museum, House for Reception, Creative Casa, serta Exhibition Gallery.

Taipa Houses Museum (Copyright © MGTO. All Rights Reserved) Taipa Houses Museum (Copyright © MGTO. All Rights Reserved)

Selain itu, kunjungi juga Our Lady of Carmel Curch yang bersejarah.

Our Lady of Carmel Church Our Lady of Carmel Church

3. Tamasya ke tempat terbaik di Macao

A-Ma Cultural Village A-Ma Cultural Village

Salah satu tempat terbaik di Macao untuk dikunjungi bersama keluarga adalah di A-Ma Cultural Village, area seluas 7.000 meter persegi yang punya kekayaan budaya.

Di sini tempatnya berbagai karya arsitektur megah, seperti gerbang bergaya paviliun, altar marmer berukir, Istana Tin Hau, serta Aula Rias dengan menara lonceng dan menara gendang. Di tempat ini pula Anda bisa melihat langsung salah satu patung tertinggi di dunia, yakni patung Dewi A-Ma.

Patung Dewi A-Ma Patung Dewi A-Ma

Jangan lupa, Macao juga punya objek wisata menggemaskan, yaitu Macao Giant Panda Pavilion. Kunjungi kawasan ini bersama keluarga, dan Anda bakal bertemu dengan panda raksasa langka yang lucu.

- -

Tempat terbaik berikutnya adalah Chapel of St. Francis Xavier. Bangunan yang menjadi ikon Coloane Village ini merupakan sebuah kapel dengan cat berwarna kuning yang seringkali jadi pusat perhatian. Dibangun pada tahun 1928, kapel ini masih berdiri tegak dan menempati posisi destinasi terbaik untuk dikunjungi.

Chapel of St. Francis Xavier (Copyright © MGTO. All Rights Reserved) Chapel of St. Francis Xavier (Copyright © MGTO. All Rights Reserved)

Daya tarik Macao tidak hanya terletak pada arsitekturnya, tetapi juga pantai yang memesona. Hac Sa Beach dan Cheoc Van Beach adalah dua pantai terbaik di Macao yang cocok untuk refreshing bersama keluarga.

Pantai Cheoc Van Pantai Cheoc Van

4. Senang-senang di wahana hiburan

Ada beberapa wahana hiburan yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga di Macao. Pertama, coba mampir ke The Parisian Eiffel Tower yang menawarkan nuansa khas Kota Paris dengan ikonnya, Menara Eiffel.

Kedua, ada Studio City yang menawarkan berbagai aktivitas hiburan seperti Ride and Fly Entertainment, Superhero Entertainment, dan Reel Family Fun Entertainment.

Golden Reel at Studio City Golden Reel at Studio City

Mengajak keluarga naik SkyCab untuk masuk ke dalam Wynn Palace adalah pilihan terbaik. Sensasi berbeda dengan naik SkyCab tentu membuat liburan menjadi lebih berkesan.

- -

Terakhir, melakukan bungee jumping, skywalk x dan mast climb bersama keluarga di Macao Tower tentunya akan jadi pengalaman tak terlupakan.

- -

5. Mencicipi hidangan yang kental campuran budaya

Portuguese Egg Tart Portuguese Egg Tart

Macao dinobatkan sebagai Creative City of Gastronomy dari UNESCO. Jika ingin mencicipi kuliner lezat khas Macao, maka berkunjung ke Portugália adalah pilihan jitu. Kawasan ini menyuguhkan santapan spesial bernuansa Portugis yang kental.

Salah satu hidangan terbaiknya adalah Portugese Egg Tart. Kudapan ini bisa dinikmati di Lord Stow’s Bakery.

Sajian unik lainnya ada di Bella Tapia, yang menyuguhkan makanan bercita rasa Italia. Chef berkebangsaan Italia akan siap menyajikan kuliner khas Italia terbaik di sini untuk santap sekeluarga.

Roof top view of Bella Taipa Roof top view of Bella Taipa

Pengunjung beragama Islam pun tidak akan kesulitan mencari makanan halal, sebab Macao punya sederet daftar restoran yang ramah bagi umat muslim. The Golden Peacock, Taste of India, Café Restaurant adalah beberapa di antaranya.

Hidangan terkenal Macao lainnya yang bisa dinikmati bersama keluarga adalah Serradura, Bacalhau, Shrimp Roe Noodles, Coconut Milk custard, Minchi, dan Crab Congee.

Minchi (Copyright © MGTO. All Rights Reserved) Minchi (Copyright © MGTO. All Rights Reserved)

6. Menyaksikan festival budaya dan seni

Lomba Perahu Naga Internasional Macao Lomba Perahu Naga Internasional Macao

Lantas, kapan waktu yang tepat buat berwisata ke Macao bersama keluarga? Jawabannya, lebih baik pada saat festival-festival seru khas Macao sedang berlangsung. Berikut daftarnya:

-                      9-17 Juni 2018: Festival Bunga Lotus Macao ke-18

-                      16-18 Juni 2018: Lomba Perahu Naga Internasional Macao

-                      2-5 Agustus 2018: Tantangan Master Wushu

-                      1, 8, 15, 24 September, dan 1 Oktober 2018: Kontes Pertunjukan Kembang Api Macao Internasional ke-29

Macao International Fireworks Display Contest Macao International Fireworks Display Contest

Banyaknya alternatif pilihan beriwisata ke Macao tentu juga memberi banyak pilihan bagaimana untuk #ExperienceMacaoYourOwnStyle.

Sudah mulai bertekad untuk #JelajahMacao pada liburan selanjutnya? Ayo rencanakan perjalanan Anda bersama Dwidayatour, dan dapatkan paket wisata menarik dengan harga terjangkau. Cek informasi lengkapnya di situs resmi Dwidayatour

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com