Kilas

Meski Kalah, Menko PMK Apresiasi Penampilan Tim Basket Indonesia

Kompas.com - 15/08/2018, 09:12 WIB
Menko PMK Puan Maharani saat menonton Timnas Basket Putera Indonesia bertanding melawan Tim Korea Selatan, di Hall Basket Komplek GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (15/8/2018) malam. DOK Kemenko PMKMenko PMK Puan Maharani saat menonton Timnas Basket Putera Indonesia bertanding melawan Tim Korea Selatan, di Hall Basket Komplek GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (15/8/2018) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Nasional Basket Putera Indonesia kalah telak 65-104 dari Korea Selatan di laga perdana Asian Games 2018. Meski begitu, Menteri Koordinator (Menko) bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani tetapi mengapresiasi penampilan Timnas Basket Indonesia. 

“Pertandingan tadi dan hasilnya merupakan persembahan terbaik yang dapat diberikan oleh Tim Indonesia melawan Tim Korea Selatan. Dari pertandingan tadi juga kita harus mengakui keunggulan tim lawan yang memang jauh lebih unggul dari kita," ujar Puan usai menyaksikan langsung pertandingan tersebut di Hall Basket Komplek GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (14/8/2018) malam.

Menko PMK ini pun terlihat begitu bersemangat memberikan dukungan kepada Timnas Basket Indonesia hingga menit terakhir pertandingan. Hal ini terlihat dari ekspresi Puan setiap kali Timnas Indonesia mencetak angka. 

Politisi PDI Perjuangan tersebut juga berpesan kepada Timnas Basket Putera Indonesia untuk terus bersemangat mengingat masih ada beberapa pertandingan lagi yang harus dimainkan.

(BACA JUGA: Menko PMK Resmikan "Rumah Indonesia" Untuk Asian Games 2018)

Untuk diketahui, Tim Bola Basket Putra Indonesia memang secara kualitas berada jauh di bawah Korea Selatan yang merupakan tim unggulan ke-4 setelah China, Filipina, dan Qatar.

Makanya tak heran, bila banyak terdapat pemain basket level dunia di Tim Korea Selatan. Mereka sudah terbiasa bemain di kompetisi basket Amerika (NBA).

Menko PMK Puan Maharani dan Menkeu Sri Mulyani saat menyaksikan pertandingan Timnas Basket Putera Indonesia melawan Tim Korea Selatan, di Hall Basket Komplek GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (14/8/2018) malam.DOK Kemenko PMK Menko PMK Puan Maharani dan Menkeu Sri Mulyani saat menyaksikan pertandingan Timnas Basket Putera Indonesia melawan Tim Korea Selatan, di Hall Basket Komplek GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (14/8/2018) malam.
Puan kemudian mengatakan kekalahan Tim Basket Putera Indonesia tidak akan menyurutkan semangat juang Kontingen Merah Putih. Seluruh Tim Indonesia dari semua cabang olahraga tetap bersemangat memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Tak cuma itu, Menko PMK pun kembali  mengingatkan kepada seluruh Rakyat Indonesia agar selalu mendukung dan berdoa untuk kesuksesan prestasi dan penyelenggaraan Asian Games 2018.

(BACA JUGA: Puan: Kesiapan Jakabaring Selenggarakan Asian Games Sudah 99 Persen)

Menurut Puan, kesiapan seluruh venue pertandingan Asian Games baik di Jakarta dan Palembang sudah 99 persen siap dipergunakan para atlet dari 45 negara untuk bertanding.

Sebagai informasi, selain Menko PMK hadir pula Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dalam pertandingan perdana Timnas Basket Putera Indonesia di Asian Games 2018. 

Baca tentang