kabar mpr

Tiga Ribu Orang Siap Ikut Jalan Sehat 4 Pilar MPR

Kompas.com - 25/08/2018, 17:15 WIB

Pada Minggu, 26 Agustus 2018, MPR akan menggelar acara ‘Jalan Sehat Empat Pilar MPR’. Menurut Kabiro Setpim Setjen MPR Muhammad Rizal, acara yang digelar merupakan rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) MPR. Sebagai salah satu bentuk Sosialisasi Empat Pilar maka peserta dalam acara itu selain pegawai Setjen MPR, hadir berbagai komunitas dan kelompok yang ada di masyarakat. Bahkan ada peserta dari seluruh Indonesia. “Peserta Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR dan Lomba Debat Konstitusi yang datang dari 34 provinsi juga kita libatkan”, ujar Muhammad Rizal, Jakarta, 24 Agustus 2018.

Lebih lanjut dikatakan, selain Pimpinan MPR, Ketua badan dan Lembaga di MPR, Ketua Kraksi dan Kelompok DPD juga hadir. “Peserta yang datang dari berbagai lapisan masyarakat akan bersatu dalam gerak jalan bersama”, ujarnya. “Kita mempersatukan berbagai komponen masyarakat”, tambahnya.

Mempersatukan beragam komponen masyarakat dalam satu acara, disebut sebagai bentuk implementasi sosialisasi yang selama ini dilakukan oleh MPR. “Sosialisasi kan merangkul semua pihak agar mereka bersatu, bekerja bersama, dan saling merasakan”, tegasnya.

Peserta gerak jalan akan menempuh rute sejauh 5 km dengan rute dari lapangan parkir timur Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, keluar komplek lewat pintu belakang, mengarah ke Patal Senayan, belok kiri hingga Jl. Asia Afrika, selanjutnya melewati Jl. Gerbang Pemuda atau depan TVRI, terus JL. Gatot Subroto, dan masuk komplek parlemen lewat pintu depan. “Tahun lalu kita melewati Jl. Sudirman namun karena tahun ini ada kegiatan Asian Games maka rutenya diubah”, ungkapnya.

Menurut Kabiro Humas Setjen MPR, Siti Fauziah, acara itu akan diikuti oleh 3000 peserta. “Wartawan dan media juga akan kita undang”, ujarnya. Sama seperti yang dikatakan Muhammad Rizal, menurut Siti Fauziah acara gerak jalan sehat itu dilakukan untuk memeriahkan HUT MPR. Menurut perempuan yang akrab dipanggil Bu Titik itu, selain untuk memeriahkan HUT MPR, kegiatan itu dilakukan untuk mengajak karyawan MPR dan masyarakat untuk berpola hidup sehat. “Kita jalan, tidak memaksa untuk lari”, ujarnya. “Yang paling penting adalah olahraga”, tambahnya.

Baik Muhammad Rizal maupun Siti Fauziah menyebut acara itu dimulai Pukul 06.00 WIB peserta berkumpul. Tepat pukul 06.30, bendera start diangkat oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan. Setelah semua peserta tiba kembali di titik kumpul, Zulkifli Hasan akan memberi orasi tentang Empat Pilar.

Seperti tahun lalu, peserta selain akan menikmati minuman gratis juga akan mendapat beragam door prize. “Kalau nasibnya bagus akan mendapat hadiah”, ujar Muhammad Rizal sambil tertawa. Menurut Siti Fauziah, sambil menunggu door prize, peserta jalan sehat akan dihibur dengan lagu-lagu. “Ada band dari kalangan sendiri”, paparnya. Dirinya mengharap acara seperti itu bisa rutin dilaksanakan setiap tahun. “Mudah-mudahan bisa menyehatkan masyarakat”, ucapnya.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com