Kilas

Pencak Silat Borong 8 Emas, Menko Puan Itu Sudah Sesuai Target

Kompas.com - 27/08/2018, 21:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, keberhasilan tim pencak silat Indonesia dalam meraih 8 emas di Asian Games sudah sesuai target yang dicanangkan.

Puan mengatakan itu sesudah mengalungkan medali emas kepada pesilat Iqbal Chandra Pratama dan Abdul Malik di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin (27/8/2018).

Igbal meraih emas setelah mengalahkan pesilat Vietnam Ngoc Toan Nguyen dengan skor 4-1 di kelas D putera 60-65 kilogram (kg). Sementara itu, Abdul Malik menundukkan wakil Malaysia Muhammad Faizul dengan angka telak 5-0 di kelas B putera 50-55 kg.

"Sejauh ini, saya bangga dengan keberhasilan mereka di Asian Games. Semoga di sisa pertandingan Asian Games 2018, tim Indonesia dapat meningkatkan perolehan medalinya," ujar Puan.

Selain menyerahkan medali emas, Menko Puan didampingi Chef de Mission tim Indonesia Komjen Pol Syafruddin menyaksikan pula pertandingan sambil memberikan semangat kepada pesilat Indonesia di final.

Antara lain adalah Sarah Tria Monita (Indonesia) melawan Nong Oy Yongphakdy (Laos) untuk kelas C putri 55-60 kg. Dalam pertandingan ini Sarah menang menang telak 3 ronde dengan angka telak 5-0.

Kemudian, pertandingan antara pesilat Indonesia Komang Harik Adi Putra melawan atlet Malaysia Mohammad Al Jufferi di kelas E Putra 65-70 kg. Komang menang dalam pertandingan ini karena lawannya dari negeri jiran mengundurkan diri.

(BACA JUGAKecewa dengan Juri, Atlet Pencak Silat Malaysia Rusak Ruang Atlet)

Setelah itu, Puan menonton pula pertandingan antara pesilat Indonesia Aji Bangkit Pamungkas yang berhasil mengalahkan Sheik Ferdous Alauddin dari Singapura. Aji mendapat medali emas di kelas I Putra 85-90 kg.

Tiga penyumbang medali emas dari pencak silat datang dari Yolla Primadona Jampil dan Hendy dalam nomor ganda putra, Puspa Arumsari pada nomor tunggal putri.

Satu lagi medali emas datang dari nomor regu putra yang dimainkan oleh 3 pesilat Indonesia, yaitu Nunu Nugraha, Asep Yuldan, Anggi Faisal Mubarok.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com