Kebiasaan Baik yang Membuat Pengajuan Pinjaman Mudah Disetujui - Kompas.com
Advertorial

Kebiasaan Baik yang Membuat Pengajuan Pinjaman Mudah Disetujui

Kompas.com - 23/09/2018, 15:01 WIB
-- -

Bicara soal kebutuhan dana, kini keperluan dan alokasinya semakin beragam. Sebut saja untuk membeli keperluan pribadi, biaya pendidikan, kendaraan, hingga modal usaha. Dengan berbagai macam kebutuhan tersebut, mendapatkan pinjaman secara cepat dari bank bisa dibilang merupakan anugerah tersendiri.

Saat ini, salah satu jenis pinjaman dana yang lazim digunakan masyarakat adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) karena kemudahan aplikasi dan persyaratannya.

Kendati demikian, mendapatkan pinjaman bank ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Hal itu sebenarnya dapat dimaklumi. Pasalnya, bank menjalankan bisnisnya dengan mengedepankan asas prudentialitas atau prinsip kehati-hatian.

Namun, tahukah Anda? Ternyata ada kebiasaan-kebiasaan yang secara tak sadar bisa membuat Anda mudah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh bank. Perhatikan dan lakukan beberapa kebiasaan berikut ini agar permohonan pinjaman Anda mudah disetujui oleh bank.

Selalu membuat perencanaan keuangan

Beruntunglah Anda yang selalu membuat perencanaan keuangan. Pasalnya, dengan memiliki perencanaan keuangan, Anda bisa mengetahui berapa pendapatan dan pengeluaran setiap bulan atau setiap tahunnya. Selain itu, Anda pun bisa menyisakan pendapatan yang ada sebagai simpanan atau untuk kebutuhan lainnya.

Kebiasaan ini juga membiasakan Anda agar mengalokasikan pendapatan untuk membayar cicilan pinjaman ke bank. Alhasil, pihak bank pun lebih mudah menyetujui pengajuan pinjaman karena melihat riwayat dalam membayar cicilan.

Menggunakan kartu kredit dengan bijak

Jika Anda telah memiliki kartu kredit dan memakainya secara bijak, bisa dibilang Anda telah lolos dari persyaratan perbankan. Apalagi jika memiliki banyak jenis kartu kredit, artinya riwayat kredit Anda baik. Pasalnya, pihak bank tidak akan menerbitkan kartu kredit kepada nasabah dengan riwayat kredit yang buruk.

Tidak hanya itu, bank juga akan melihat aktivitas serta kebijaksanaan Anda menggunakan kartu kredit. Jika Anda aktif menggunakan kartu kredit, maka bank akan mendapatkan keuntungan dari bunganya.

Sementara jika Anda bijak menggunakan kartu kredit dan rutin melunasinya, maka bank akan menganggap Anda layak memperoleh pinjaman. Akibatnya, pihak bank juga akan menyetujui pengajuan kredit Anda dengan mudah.

Selalu membayar cicilan pinjaman tepat waktu

Bagi pihak bank, kebiasaan baik ini mencerminkan kemampuan Anda untuk membayar kredit yang telah diajukan sebelumnya. Selain itu, kebiasaan ini pun membuat skor kredit Anda baik.

Dengan melakukan kebiasaan ini, Anda tak perlu takut pengajuan pinjaman akan ditolak karena perbankan telah memiliki kepercayaan lewat skor kredit Anda.

Menabung jangka panjang

Kebiasaan ini sangat menguntungkan Anda di kemudian hari karena Anda mempunyai dana cadangan untuk membayar cicilan pinjaman yang diajukan. Selain itu, tabungan ini pun bisa menjadi salah satu jaminan untuk mengajukan pinjaman.

Jika telah menerapkan berbagai kebiasaan tersebut, maka Anda bisa dibilang memenuhi persyaratan pengajuan pinjaman. Selain mengajukan pinjaman dari bank, saat ini Anda bisa mengajukan pinjaman secara online dengan berbagai kemudahannya. Salah satu platform yang menyediakan pinjaman online adalah Cekaja.com.

Tak hanya pinjaman, di CekAja.com Anda juga bisa membandingkan dan mengajukan produk asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, hingga asuransi jiwa. Tersedia pula produk finansial lain seperti kartu kredit, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Sebagai salah satu anak usaha dari C88 Financial Technologies, CekAja.com memiliki teknologi terkini untuk membandingkan berbagai produk keuangan sesuai kebutuhan dan profil Anda. Yuk, segera bandingkan, ajukan, dan nikmati berbagai manfaatnya!