Advertorial

Setelah 17 tahun Berselang, Rhenald Kasali Kembali Bintangi Iklan Tolak Angin Sido Muncul

Kompas.com - 23/09/2018, 21:51 WIB
- --

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk kembali bekerja sama dengan Rhenald Kasali dalam pembuatan iklan Tolak Angin Sido Muncul. Berbeda dengan konsep iklan yang digarap pada 2001 lalu, konsep cerita yang ditampilkan pada siaran komersial saat ini berkutat pada hubungan Rhenald dengan Tolak Angin selama bertahun-tahun lamanya.

“Di tahun 2001, memilih akademisi sebagai bintang iklan itu adalah hal aneh. Biasanya, bintang iklan itu berasal dari kalangan selebritas, khususnya seniman srimulat untuk produk jamu. Tetapi, kami ubah persepsi itu dan ternyata berhasil,” ungkap Irwan Hidayat selaku Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk.

Hal tersebut ia sampaikan di tengah proses syuting iklan yang berlangsung pada Jumat  (21/9/2018),di The Reading Room, Kemang, Jakarta. Irwan pun menambahkan bahwa ia pernah merasa ragu untuk memosisikan Rhenald sebagai bintang iklan Tolak Angin. Akan tetapi, keraguan itu hilang setelah ia sadar akan potensi dan citra Rhenald sebagai akademisi populer yang senantiasa berkontribusi pada pengembangan produk-produk nasional.

Berbeda dengan iklan sebelumnya, kali ini Rhenald diberikan kebebasan dalam mengemukakan pendapat. Sido Muncul dan pihak agensi tidak terlalu banyak ikut campur dalam pembuatan dialog yang diucapkan oleh Rhenald. Menurut Irwan, kebebasan tersebut ia berikan agar dialog Rhenald bersifat objektif, sehingga tidak terkesan dibuat-dibuat dan terdengar lebih meyakinkan.

“Saya tidak tahu naskahnya bagaimana, terserah Rhenald mau ngomong apa. Pendapat dia saja. Tinggal kita pilih, kalau menginspirasi berarti pantas untuk ditayangkan. Saya berharap dengan kebebasan yang diberikan itu, iklan ini bisa membuat Sido Muncul mendapatkan kepercayaan lebih banyak dari konsumen. Kepercayaan itu nomor satu,” kata Irwan.

-- -

Dalam kesempatan yang sama, Rhenald pun menceritakan awal mula keterlibatan dirinya dalam proyek ini. Sebelumnya, ia hanya diminta untuk mencari bintang iklan yang sesuai untuk siaran komersial Tolak Angin terbaru yang ingin mengusung tema Asian Games 2018. Dari situ, tercetuslah dua kandidat utama yang berasal dari kalangan atlet dan juga seorang penyanyi.

Akan tetapi, Irwan berubah pikiran usai menghadiri acara peluncuran buku terbaru Rhenald yang sangat menginspirasi. Keinginan untuk mengapresiasi karya-karyanya itulah yang menjadi salah satu alasan utama Sido Muncul memilih kembali Rhenald sebagai bintang iklan Tolak Angin.

“Tentu saja saya sangat bangga bisa bekerja sama kembali dengan produk nasional yang sudah mendunia. Kali ini tidak ada keragu-raguan. Saya sering diajak ke pabrik Sido Muncul untuk berbicara mengenai produk, bertukar pikiran untuk pengembangannya. Saya tahu perusahaan ini punya niat baik dan berkomitmen. Jadi yang disampaikan dalam iklan ini bukan hanya kata-kata promosi,” jawab Rhenald saat ditanya pendapatnya dalam membintangi iklan Sido Muncul.

Melalui iklan ini, Rhenald ingin menyampaikan bahwa setiap orang perlu bekerja dengan keras untuk mewujudkan cita-cita. Hal tersebut tentu tidak akan mudah dengan adanya rintangan yang membentang di sepanjang perjalanan. Namun, untuk memajukan diri serta bangsa, masyarakat Indonesia harus terus optimis dalam menyambut masa depan.

“Kalimat-kalimat yang keluar di iklan ini berkutat dengan kerja keras, tidak pernah letih, rintangan, banyak aktivitas. Tetapi kadang aktivitas banyak membutuhkan kondisi tubuh prima, dan bila masuk angin saya tahu solusinya yakni minum tolak angin,” ujar Rhenald. (IAP)