Info BRI

Dukung Proyek Strategis Nasional, BRI Ikut Resmikan Tol Desari

Kompas.com - 27/09/2018, 21:32 WIB
- -

JAKARTA –Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus mendukung pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tengah dikebut pemerintah, salah satunya adalah pembangunan Jalan Tol rute Depok–Antasari Seksi I (Antasari–Brigif/Cinere).

Jalan tol tersebut diresmikan Presiden Joko Widodo di Gerbang Tol Cilandak Utama dengan didampingi Direktur Corporate Banking BRI, Kuswiyoto serta jajaran Komisaris dan Direksi PT Citra Waspphutowa (27/09/2018).

Dukung pembangunan PSN sejak 2015

Dukungan BRI ini telah dilaksanakan sejak 2015 berupa pemberian fasilitas pinjaman kredit investasi senilai Rp 2,1 triliun yang telah dikucurkan kepada PT Citra Waspphutowa untuk menyelesaikan pembangunan Tol Depok–Antasari.

Selanjutnya pada 2017, BRI ditunjuk sebagai Mandated Lead Arranger untuk membentuk Sindikasi Dana Talangan Tanah (DTT) sebesar Rp 1,3 triliun guna pembebasan lahan yang sumber pembayarannya berasal dari APBN melalui BLU-LMAN.

“Kami mendukung penuh pembangunan dan pengelolaan Proyek Strategis Nasional yang digagas oleh pemerintah, salah satunya adalah pembangunan Jalan Tol Depok – Antasari ini. Ini memang sudah menjadi komitmen BRI untuk selalu ambil bagian dalam pembangunan nasional, “ ungkap Kuswiyoto.

Pemerintah melalui Perpres RI No 102 Tahun 2016 telah mengatur pendanaan pengadaan tanah pembangunan Proyek Strategis Nasonal melalui penggunaan anggaran Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dibayarkan sebagai uang ganti rugi tanah.

Nantinya pemerintah akan mengembalikan uang ganti rugi pengadaan tanah tersebut melalui Kementerian Keuangan (BLU-LMAN).

Percepat pembebasan lahan agar tol segera selesai

Kuswiyoto menjelaskan, dukungan pembiayaan Kredit Investasi dan Dana Talangan Tanah ini bertujuan mempercepat pembebasan lahan guna mendukung pembangunan konstruksi jalan tol.

Apabila pembebasan lahan tepat waktu, harapannya proyek pembangunan jalan tol yang dikelola oleh PT Citra Waspphutowa akan rampung tepat waktu.

“Selain Fasilitas pembiayaan, BRI juga memberikan dukungan layanan untuk transaksi pembayaran tol non tunai, giro penampungan transaksi tol, serta pengelolaan rekening untuk pembayaran Uang Ganti Kerugian (UGK) atas pembebasan tanah,” imbuh dia.

Sebagai salah satu Bank BUMN terbesar, BRI terus mendukung berbagai program pembangunan dari pemerintah, termasuk pembangunan infrastruktur yang memberi dampak positif terhadap perekonomian Indonesia.

BRI juga turut ambil bagian untuk menyukseskan program pemerintah lainnya, yaitu Gerakan Nasional Non Tunai.