Kilas

Puan: Pemerintah Lakukan Tanggap Darurat Bencana Palu dan Donggala

Kompas.com - 01/10/2018, 12:28 WIB

KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyampaikan belasungkawa dan keprihatinan mendalam atas terjadinya gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. 

"Saya turut berbelasungkawa atas bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah. Semoga masyarakat Palu selalu diberikan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini," jelas Menko Puan melalui siaran pers yang Kompas.com terima, Senin (1/10/2018).

Menko Puan juga berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga untuk mengambil langkah cepat sehingga korban terdampak gempa dan tsunami di Palu dapat segera tertangani meskipun dengan akses terbatas. 

"Saya telah berkoordinasi dengan kementerian/lembaga dan meminta Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana untuk mengambil langkah cepat yang terpadu dalam menangani dampak bencana ini," ujarnya.

Menko Puan juga meminta agar evakuasi segera dilakukan terhadap korban terdampak dan ditempatkan di lokasi yang aman.

Tanggap darurat bencana pun harus memastikan bahwa korban terluka, perempuan dan anak mendapatkan prioritas penanganan. Salah satunya melalui penyaluran bantuan, pelayanan kesehatan dan penanganan pengungsian.

Kendala akses transportasi harus segera diatasi untuk mempermudah penyaluran logistik bantuan. Hal ini agar daerah sekitar Palu dan Donggala dapat segera mengerahkan sumber daya yang ada khususnya untuk membantu penanganan korban.

"Sedapat mungkin segera bantuan logistik dan bahan makanan disalurkan agar korban gempa dapat terpenuhi kebutuhan dasarnya," tambah Menko Puan.

Terakhir, Menko Puan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut mendoakan korban terdampak gempa dan tsunami di Palu.

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi yang mengguncang Donggala memiliki kekuatan magnitudo 7,4 Skala Richter (SR) yang diikuti dengan berbagai gempa susulan di atas 5 SR.

Selain mengakibatkan kerusakan bangunan, gempa bumi juga memicu tsunami yang melanda Palu dan Donggala di Provinsi Sulawesi Tengah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com