Advertorial

PSM Unpar Raih Juara II Kompetisi Paduan Suara Internasional di Latvia

Kompas.com - 01/10/2018, 14:27 WIB
- --

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (PSM Unpar) sukses meraih juara II pada International Baltic Sea Choir Competition yang merupakan kompetisi paduan suara tingkat internasional di Latvia (22-23/09/2018).

Tidak hanya berhasil meraih juara II. Dalam ajang ini, sang konduktor bernama Ivan Yohan sukses mendapatkan gelar konduktor terbaik. Sebelum kompetisi pun PSM Unpar mengadakan konser di Vinius, Lithuania pada 19/09/2018.

Jalannya rangkaian konser

Awal dari rangkaian konser ialah diadakannya Non-Competitive Opening Concert of the Competition pada 21/09/2018, bertempat di Gereha Dubulti. Pada konser pembukaan ini, PSM Unpar membawakan lagu Ave Maria karya Ivan Yohan.

Pada kompetisi hari pertama (Competition-Compulsory Program), PSM Unpar membawakan empat lagu yakni The Drop oleh Andris Dzenitis, Bleibe, Abend Will es Warden oleh Albert Becker, Lingsir Wengi oleh Javanese Moslem Chant, dan O Sapientia oleh Tadeja Vulc.

Kemudian PSM Unpar juga mengikuti Competition-Free Program dengan membawakan dua lagu, yakni Iupitter oleh Michael Ostrzyga dan Exultate Deo oleh Susanto Yohanes.

Menuju juara

PSM Unpar berhasil menuju Grand Prix Final-Competition Closing Concert pada 23/09/2018 dengan menampikan tiga lagu, salah satunya sama dengan sebelumnya, yakni Iupitter. Dua lagu lain adalah Gloria Patri oleh Budi Susanto dan Cukala Le Pong Pong oleh Ken Steve.

Saat pengumuman hasil kompetisi, PSM Unpar pun berhasil mendapat juara II pada International Baltic Sea Choir Competition ini, sedangkan Ivan Yohan mendapatkan gelar konduktor terbaik.