Kilas

Menko PMK Koordinasikan Penanganan Dampak Bencana Palu dan Donggala

Kompas.com - 02/10/2018, 05:00 WIB

KOMPAS.com - Memasuki hari ketiga penanganan dampak bencana gempa bumi di Donggala dan tsunami di Palu Sulawesi Tengah, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani terus ikut mengkoordinasikan upaya penanggulangan dampak bencana.

"Saya sebagai Menko PMK terus berkoordinasi dengan fokus pada penanganan pengungsian, dapur umum, ketersediaan bahan pangan, dan pelayanan kesehatan," ujar Menko PMK.

Dalam rilis yang Kompas.com terima, Senin(1/10/2018), Puan mengatakan, koordinasi penanggulangan dampak bencana di Palu dan Donggala pada masa tanggap darurat saat ini meliputi beberapa hal.

Di antaranya adalah evakuasi korban, pemakaman jenazah, penanganan pengungsi, pemenuhanan makanan, pelayanan kesehatan, dapur umum, pengadaan air bersih, distribusi bantuan, pembukaan akses transportasi, pelayanan listrik, dan pengadaan BBM.

BACA JUGA: Data Sementara, 2.790 Rumah Rusak akibat Gempa Palu

"Ke depan, penguatan penanggulangan dilakukan untuk memperlancar pemakaman jenazah, akses transportasi, distribusi bantuan, penanganan keamanan agar masyarakat tenang, dan  penanganan pengungsi," ujar Menko PMK.

Adapun bantuan personil dan perlengkapan dilakukan oleh tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas, TNI, Polri, Kementerian ESDM, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Sosial.

Sebagai informasi, koordinasi penanggulangan bencana dilakukan oleh Menkopolhukam yang disesuaikan dengan karakter di lapangan.

Sesuai arahan Presiden, pada tahap ini Menkopolhukam ditugaskan mengkoordinasikan sesuai dengan kebutuhan lapangan untuk mengerahkan personel dan perangkat TNI, POLRI, dan Basarnas.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com