Advertorial

Cara Mudah dan Praktis Bayar Tagihan PDAM

Kompas.com - 02/10/2018, 11:49 WIB

Air merupakan kebutuhan primer bagi makhluk hidup di dunia ini. Permasalahannya di kota-kota besar, sumber air sangat sulit ditemukan. Kualitas air sumur juga kurang maksimal dibandingkan dengan daerah pinggiran yang dekat dengan sumber air alami.

Pada akhirnya sebagian besar masyarakat perkotaan lebih memilih menggunakan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Tak dipungkiri, penyaluran air bersih memang menjadi kendala utama bagi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Meski begitu, PDAM terus berusaha agar dapat menyalurkan air bersih dengan baik hingga pelosok negeri.

Permasalahannya adalah Anda mungkin seringkali mengalami kendala terkait proses pengecekan tagihan PDAM. Meski mobil layanan keliling telah disediakan secara resmi sebagai sistem jemput bola untuk mendekati pelanggan dan memudahkan pelanggan PDAM membayar tagihan air setiap bulannya. Namun, mobil pelayanan ini hanya beroperasi pada waktu-waktu tertentu saja, sesuai jadwal yang ditetapkan.

Menjawab permasalahan tersebut, PDAM menghadirkan inovasi dengan mengintegrasikan pengecekan tagihan PDAM secara online. Anda dapat mengecek total tagihan PDAM hanya dengan genggaman jari saja. Lantas bagaimana caranya? Silahkan simak pembahasan dibawah ini.

1. Bisa cek dan langsung bayar dengan mudah

Bagaimana cara mengecek tagihan PDAM dan membayarnya secara online? Sama seperti layanan BUMN lainnya, kini Anda bisa membayar atau sekedar mengecek tagihan PDAM kamu via ATM, website resmi PDAM, atau bisa juga lewat Traveloka.

Cara membayar lewat website resmi PDAM, kamu hanya perlu masuk ke websitenya kemudian pilih menu sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena website resmi untuk masing-masing daerah berbeda, pastikan Anda telah mengisikan nama website yang sesuai dengan kota domisili.

Masih bingung karena kesulitan mencari alamat website PDAM? Anda bisa memilih opsi yang lebih mudah, yaitu lewat situs atau aplikasi Traveloka.

2. Pakai Bill Payment, bayar PDAM semudah belanja online

Anda bisa cek tagihan PDAM  dengan mudah di Traveloka. Cukup mengunjungi situs atau lewat aplikasi Traveloka, kemudian pilih menu Bill Payment yang ada di pojok kanan atas layar. Pada menu tersebut juga ada beberapa pilihan tagihan lain seperti PLN Electricity, BPJS Kesehatan, Telkom, dan tentu PDAM.

Sebelum masuk ke menu tersebut, Anda perlu login dengan akun Traveloka terlebih dahulu. Jika belum memilikinya, Anda bisa dengan mudah mendaftar menggunakan alamat email, nomor handphone, atau cukup login menggunakan akun Facebook Anda.

Setelah login dengan akun tersebut, Anda hanya perlu memasukkan nomor ID kartu PDAM dan pilih kota domisili, kemudian setelah klik “Buy Now” dan layar akan segera menampilkan total tagihan kamu di bulan tersebut. Hal yang sama juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Traveloka di smartphone Anda. Mudah bukan? 

3. Bisa menggunakan berbagai metode pembayaran

Metode pembayarannya sama mudahnya seperti pembayaran tiket hotel, pesawat dan lainnya. Anda bisa merasakan mudahnya membayar tagihan PDAM kamu di Traveloka. Anda dapat memilih berbagai metode pembayaran seperti pembayaran via ATM, Transfer, CIMB Clicks, BCA Klikpay, Mandiri Debit, kartu kredit (Visa/Master Card), atau bisa juga lewat gerai Indomaret dan Alfamart terdekat.

Saat ini pembayaran tagihan PDAM akan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp 1.500 saja. Mudah dan terjangkau bukan? Kini tak ada alasan lagi untuk kena denda karena telat membayar tagihan PDAM Anda.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com