kabar mpr

Pimpinan Parlemen RI Bantu Korban Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Kompas.com - 03/10/2018, 18:44 WIB

Jajaran pimpinan parlemen RI mengunjungi dan membantu korban gempa dan tsunami di Palu (3/10/2018). Tampak pada kunjungan itu Ketua MPR, Zulkifli Hasan, Ketua DPR, Bambang Soesatyo,  Ketua DPD, Oesman Sapta, dan Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.

Zul (sapaan Zulkifli) mengatakan, kunjungannya bersama Ketua DPR, DPD, dan Wakil Ketua DPR ke Palu ini adalah untuk membantu sekaligus sebagai bentuk kepedulian pada korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, serta Sigi, Sulawesi Tengah.

Dalam kunjungan ini, rombongan bertemu dengan salah satu korban bernama Dini yang telah kehilangan ibu dan saudara-saudaranya akibat bencana alam. Kini perempuan berusia 25 tahun itu hanya tinggal bersama ayahnya yang mengalami luka cukup serius di kaki.

Zulkifli turut bersedih dengan apa yang dirasakan dan dialami para korban bencana alam ini, termasuk Dini dan berharap agar bantuan yang diberikan nantinya dapat meringankan beban mereka.

Ajak masyarakat bersatu membantu korban bencana alam

Selain merasa prihatin dengan apa yang terjadi di Palu, Donggala, dan Sigi, Zul juga mengajak agar masyarakat bersatu untuk membantu para korban becana alam ini.

“Lupakan perbedaan, mari bersatu untuk mendukung Dini dan seluruh korban lainnya. Saatnya kita untuk saling mengasihi dan saling mendukung. Kita juga memberi dukungan moril pada para korban,” ujar Zulkifli.

Pihaknya mengapresiasi kinerja pemerintah dalam mengatasi dan menangani bencana alam ini, termasuk Presiden Joko Widodo yang sudah datang dua kali. Ia juga mendukung penuh apa yang dilakukan oleh pemerintah, baik pusat, provinsi, atau kabupaten dan kota.

Mengenai beberapa kekurangan dalam penanganan bencana alam, Zul memaklumi karena memang saat ini semua masih dalam kondisi darurat.

Bentuk komitmen keprihatinan

Menurut Oesman Sapta, kedatangan para pimpinan parlemen RI ke Palu merupakan bentuk komitmen keprihatinan dan juga duka atas apa yang terjadi. “Kita ikut merasakan kesedihan,” ujarnya.

Oleh karenanya, mereka membawa bantuan untuk meringankan beban para korban. Kunjungan ini menurut Oesman adalah kesepakatan bersama. Ia menjelaskan, sebenarnya masih ada banyak yang ingin ikut serta, tetapi semua tidak bisa ikut karena situasi terbatas.

Bambang Soesatyo juga senada dengan Zulkifli dan Oesman Sapta. Ia mengatakan, pimpinan lembaga negara datang ke Palu membawa berbagai bantuan yang dibutuhkan pada korban bencana gempa dan tsunami.

Bambang menjelaskan, bantuan yang dibawa adalah kebutuhan medesak seperti selimut, makanan, minuman, dan pembalut wanita. Selain itu, mereka juga memberi bantuan berupa yang tunai.

Ia melanjutkan, kedatangan ini juga ditujukan agar pemulihan dampak bencana bisa berjalan dengan semakin cepat.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com