Kilas

Optimalkan Dana Desa, Pemerintah akan Tingkatkan Pemberdayaan Desa

Kompas.com - 09/10/2018, 14:37 WIB

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menjelaskan bahwa pemerintah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pendampingan dan pengawasan program pemberdayaan desa. 

Hal itu Menko PMK katakan saat menghadiri rapat koordinasi (rakor) "Pengendalian Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa" di aula pertemuan Kantor Bupati Deli Serdang, Medan, Senin (8/10/2018). 

"Melalui peningkatan kualitas rekruitmen pendamping desa, kerja sama formal dengan kepolisian, kejaksaan, dan beberapa kementerian terkait. Lalu peningkatan partisipasi masyarakat serta kapasitas pendamping desa dengan pelatihan-pelatihan, pemerintah berusaha meningkatkan pendampingan dan pengawasan program pemberdayaan desa," kata Menko PMK.

Dalam rilis yang Kompas.com terima, Selasa (9/10/2018), Menko PMK mengatakan, melalui upaya tersebut penyerapan dan kualitas penggunaan dana desa terus meningkat.

Puan mencontohkan, pada 2016 misalnya, penyerapan dan kualitas penggunaan dana dena sudah meningkat menjadi 97.65 persen. Kemudian pada 2017 meningkat lagi menjadi 98.54 persen.

"Peningkatan penyerapan ini menunjukkan bahwa tata kelola sudah semakin lebih baik dan pendamping desa sudah semakin memahami apa yang diinginkan oleh rakyat," ujar Menko PMK.

Dalam sambutannya, Menko PMK memaparkan bahwa pelaksanaan dana desa telah memasuki tahun yang ke-4. Pemerintah juga terus meningkatkan alokasi dana desa dari tahun ke tahun.

Tercatat pada 2015 alokasi dana desa sebesar Rp 20.67 triliun, meningkat menjadi Rp 46.98 triliun pada 2016. Kemudian pada 2017 menjadi Rp 60 trilirun dan pada 2018 naik lagi menjadi Rp 60 triliun.

"Tahun 2019, Insya Allah akan ditingkatkan kembali menjadi Rp 73 triliun," tambah Menko PMK.

Selain alokasi yang terus meningkat selama 4 tahun, dana desa juga telah mampu membangun infrastruktur desa yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Menko PMK Puan Maharani menjelaskan capaian penggunaan dana desa dalam rapat koordinasi pengendalian program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa di aula pertemuan Kantor Bupati Deli Serdang, Medan, Senin (9/10/2018). DOK Humas Kemenko PMK Menko PMK Puan Maharani menjelaskan capaian penggunaan dana desa dalam rapat koordinasi pengendalian program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa di aula pertemuan Kantor Bupati Deli Serdang, Medan, Senin (9/10/2018).

Di antaranya pembangunan 158.618 kilometer (KM) jalan desa, 1.028 KM jembatan, ribuan pasar, dan Badan usaha milik desa (BUMDes). 

Kemudian pembangunan sarana air bersih, PAUD, Posyandu, Polindes, MCK dan dana infrastruktur dasar lainnya yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup dasar dan peningkatan ekonomi masyarakat di desa.

"Dengan tercukupi infrastruktur dasar di banyak desa, pemerintah mulai mengarahkan penggunaan dana desa untuk lebih fokus pada peningkatan pemberdayaan ekonomi desa dan pemberdayaan masyarakat desa," tambah Menko PMK.

Adapun terkait pemanfaatan dana desa, Presiden Jokowi memberikan arahan agar dana desa benar-benar memberikan dampak bagi masyarakat.

"Ingat dana desa sebaiknya dibelanjakan di desa tersebut. Jadi nantinya dapat menggerakkan ekonomi dan memperkecil ketimpangan. Jangan sampai justru dibelanjakan di kota karena nanti yang menikmati justru kota," ujar Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, selain Menko PMK rakor tersebut dihadiri pula oleh Menteri Kemendes PDTT Eko Putro Sandjojo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Rakor dihadiri juga oleh anggota DPR RI/DPD, 3.000 pendamping desa, kader penggerak Posyandu, kader penggerak Paud, Kepala Dinas dan lain sebagainya.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com