Advertorial

4 Alasan yang Membuat Kamu Harus “Travelling” ke Jogja

Kompas.com - 12/10/2018, 18:41 WIB
Yogyakarta Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaYogyakarta

Yogyakarta memang menjadi tujuan wisata favorit masyarakat Indonesia. Jika kamu suka travelling, bahkan telah melabeli diri degan sebutan traveller sejati, maka gelar itu tidaklah sempurna kalau kamu belum mengunjungi Jogja.

Jogja yang pernah menjadi Ibu Kota Republik Indonesia pada 1946 ini memang memiliki berbagai daya tarik wisata. Bisa dibilang Jogja memiliki segalanya, mulai dari kekayaan budaya serta beragam wisata alam yang begitu menawan mulai dari gunung hingga pantai.

Inilah 4 alasan mengapa kamu harus berwisata ke Jogja:

1. Mempunyai banyak wisata alam yang cantik

Pantai Pasir Putih di JogjaKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pantai Pasir Putih di Jogja

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatannya. Hal itu membuat Jogja memiliki garis pantai yang begitu panjang, mulai dari Kabupaten Gunungkidul, Bantul, hingga Kulon Progo.

Pantai-pantai berpasir putih dengan air lautnya yang biru jernih pun bisa kamu jumpai saat berwisata ke Jogja, salah satunya adalah Pantai Sundak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika senang dengan sesuatu yang ekstrem, kamu harus menjajal sensasi naik gondola di Pantai Timang. Gondola itu akan melintasi lautan menuju sebuah batu karang. Rasakan sendiri betapa menegangkannya saat melihat ombak yang saling empas di bawah kamu.

Gondola Pantai TimangKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gondola Pantai Timang

Keindahan alam tidak hanya ada di sepanjang garis pantai. Jogja juga memiliki keindahan alam di kawasan pegunungan dan perbukitannya. Salah satu contohnya adalah Kaliurang di mana kamu bisa melihat dari dekat kawah gunung api yang fenomenal; Merapi.

Kalau kamu berencana berkunjung ke kawasan Kaliurang, jangan sampai ketinggalan untuk menikmati sensasi off road naik Jeep. Kamu akan dibawa melintasi sungai lahar hujan dan melihat peninggalan erupsi Merapi 2010 yang menghancurkan desa-desa di sekitarnya.

2. Ada banyak situs sejarah kebudayaan

Candi PrambananKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Candi Prambanan

Budaya dan Jogja seolah merupakan suatu kesatuan dari banyaknya peninggalan cagar budaya. Sebagai daerah yang pernah menjadi pusat kerajaan besar masa lalu; Mataram Kuno dan Mataram Islam, berbagai peninggalan kerajaan itu masih banyak dijumpai hingga kini.

Tentu kamu tidak asing dengan salah satu peninggalan sejarah paling terkenal di dunia, yakni Candi Prambanan. Candi Hindu paling megah se-Asia Tenggara ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang bisa dijumpai di Jogja.

Tak hanya Candi Prambanan, masih ada peninggalan kejayaan Mataram Kuno yang tersebar di banyak wilayah Jogja. Tidak jauh dari Prambanan, ada Candi Barong yang terletak di ketinggian. Berada di sana akan membuat kamu seakan kembali ke masa silam.

Situs cagar budaya lain yang bisa kamu kunjungi tak lain adalah Keraton Yogyakarta. Istana Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berdiri tahun 1755 ini merupakan cikal bakal berdirinya Kota Jogja dan merupakan pecahan dari kerajaan besar nusantara; Mataram Islam.

3. Kaya akan seni budaya

Konser Kesenian Gamelan oleh Prasasti UGMKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Konser Kesenian Gamelan oleh Prasasti UGM

Sebagai Kota Budaya, Jogja juga kerap mengadakan berbagai event budaya yang keren kepada para khalayak. Salah satu event rutin yang diselenggarakan di Jogja adalah FKY atau Festival Kesenian Yogyakarta.

Berbagai kesenian tradisional yang dikemas secara menarik ditampilkan di event tersebut untuk menghibur masyarakat. Di sini kamu bisa mengapresiasi pementasan kesenian tradisional yang tentunya takkan membosankan.

Kamu pun bisa menonton pementasan kesenian bertaraf internasional, yakni Ramayana Ballet Prambanan yang menceritakan kisah Ramayana dan dikemas lewat tarian, diiringi oleh alunan gamelan.

Jangan khawatir kalau kamu tidak paham tentang dunia pewayangan karena Sendratari Ramayana ini bisa dinikmati oleh siapa saja. Tarian yang dibawakan di setiap adegan sangat menghibur dan mudah untuk dipahami.

4.   Memiliki beragam kuliner lezat

Kuliner Gudeg Kuliner Gudeg

Jika kamu gemar dengan wisata kuliner, mengunjungi Jogja adalah pilihan yang tepat. Berbagai kuliner dengan cita rasa khas Jogja bisa kamu nikmati untuk menambah wawasan kuliner.

Salah satu hidangan unik khas Jogja adalah gudeg. Kamu bisa menikmati sajian kuliner yang satu ini di sentra-sentra gudeg. Sajian kuliner Jogja pun tidak hanya bisa dinikmati ketika kamu berkunjung ke Jogja saja.

Ada sajian kuliner yang bisa kamu bawa pulang untuk buah tangan atau persediaan cemilan di rumah. Sajian satu ini adalah bakpia; makanan khas Jogja yang terkenal dan dijual di banyak destinasi wisata.

Rencanakan perjalanan ke Jogja lebih mudah dengan Pegipegi

Agar perencanaan perjalananmu ke Jogja jadi lebih menyenangkan, Pegipegi hadir dengan menawarkan kemudahan booking tiket pesawat dan beragam promo lainnya. Segera pesan tiket pesawat ke Jogja melalui tautan ini.

Soal penginapan, Pegipegi juga menghadirkan promo hotel Oktoberuntung yang berlangsung tanggal 15-18 Oktober 2018. Kamu bisa mendapatkan diskon hotel hingga mencapai Rp 600.000 dengan periode inap kapan saja.

Promo hotel Oktoberuntung ini hanya khusus untuk pemesanan via aplikasi sehingga kamu harus mengunduh aplikasi Pegipegi di ponsel. Informasi lebih lanjut tentang promo Oktoberuntung bisa dilihat di sini.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.