Info BCA

Tidak Mau Jadi Korban Modus Kejahatan Saat Berlibur? Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 15/10/2018, 09:45 WIB

Liburan yang nyaman dan meninggalkan kesan indah adalah impian setiap orang. Namun sayangnya liburan tidak selalu menyenangkan. Anda mungkin saja tertimpa apes seperti menjadi korban modus pencurian di destinasi liburan. Kehilangan uang dan barang-barang berharga yang berguna untuk bertahan hidup selama liburan akan membuat frustrasi.

Nah, jika tidak mau mengalami kejadian apes tersebut ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut.

1.      Selalu jaga barang bawaan

Jangan pernah meninggalkan barang bawaan Anda tanpa pengawasan. Mulai dari ketika Anda berada di bandara, stasiun, atau terminal keberangkatan hingga saat berjalan-jalan dan masuk tempat wisata. Saat makan di restoran, pastikan Anda mengaitkan tali tas pada lengan atau pergelangan kaki jika tas berukuran besar dan perlu ditaruh di bawah kursi.

Ketika memasuki tempat ramai atau berada di kerumunan sebaiknya Anda memposisikan tas dekat dengan dada. Jika membawa tas ransel, gendong di depan tubuh Anda. Bagi wanita yang gemar membawa sling bag atau tas tangan letakkan di depan, peluk, dan pastikan tas punya ritsleting.

Sudah menjaga barang bawaan namun tetap saja hilang atau kecopetan dan dompet berisi uang, kartu kredit, dan kartu debit ikut hilang? Jangan panik. Lakukan cara simpel ini untuk memblokir kartu-kartu perbankan Anda. Jika Anda nasabah BCA, gunakan aplikasi BCA mobile di ponsel. Buka aplikasi tersebut dan masuk ke menu m-Admin.

Blokir kartu kredit dengan memilih menu “Blokir Kartu Kredit” dan masukkan nomor kartu. Setujui klausul yang muncul pada halaman pop-up dan masukkan PIN m-BCA. Blokir kartu kredit selesai. Untuk blokir kartu debit, pilih “Blokir Kartu ATM”, masukkan nomor kartu dan jenis kartu, pilih OK, kemudian masukkan PIN m-BCA. Kartu Anda akan secara otomatis terblokir. Lebih mudah dan praktis. Cek tutorialnya di sini.

Langkah berikutnya Anda lapor kehilangan ke pihak berwajib agar barang-barang Anda dibantu dicarikan oleh pihak berwajib. Apabila Anda berlibur di luar negeri laporkan kejadian ke kedutaan besar untuk memperoleh paspor sementara.

2.      Bawa uang tunai secukupnya

Ini tips keamanan standar jika Anda pergi berlibur. Jangan membawa uang tunai berlebihan di dompet. Simpan  sebagian di dalam koper Anda. Jika dompet atau tas Anda hilang atau dicopet orang, maka Anda tidak akan kehilangan banyak uang tunai.

Jangan khawatir kehabisan uang tunai atau tidak bisa berbelanja. Jika Anda nasabah BCA, Anda cuma perlu aplikasi BCA mobile di ponsel untuk menarik uang di ATM BCA.

Caranya pilih menu Tarik Tunai, pilih nominal uang yang diinginkan, klik OK dan masukkan PIN m-BCA, maka Anda akan diberikan kode transaksi sebanyak  enam digit. Kode transaksi berlaku untuk dua jam.  Anda tinggal mencari ATM BCA terdekat, pilih menu Transaksi Tanpa Kartu, masukkan nomor HP dan Kode Transaksi tadi, dan Anda berhasil tarik tunai tanpa kartu di ATM. Cek tutorialnya di sini.

3.      Selalu waspada pada orang asing

Selalu waspada ketika ada orang yang tidak Anda kenal menghampiri atau bertanya-tanya mengenai beberapa hal seperti pergi dengan siapa, tujuan perjalanan Anda, hingga dari mana Anda berasal. Anda tidak perlu menjawab panjang lebar.

Jangan mudah percaya jika ada orang asing yang mengajak Anda pergi bersama ke suatu tempat atau menawarkan sesuatu. Bisa jadi itu modus penipuan. Sebelum bepergian selalu pelajari destinasi yang Anda tuju agar tidak terlihat linglung dan menjadi sasaran empuk penjahat. Jika butuh melihat peta, coba untuk menepi ke tempat yang jauh dari keramaian.

4.      Jaga kerahasiaan data pribadi Anda

Zaman sekarang modus kejahatan perbankan semakin beragam. Oleh karena itu Anda harus terus waspada. Ini beberapa tips untuk menjaga keamanan finansial Anda dari modus kejahatan.

Jangan pernah memberikan informasi PIN (Personal Identification Number) kartu, CVV  yaitu 3 nomor paling kanan di belakang kartu kredit, dan OTP (One Time Password) kepada siapapun. Jangan membagikan data pribadi Anda seperti tanggal lahir, nama orang tua, alamat rumah, nomor HP, nomor kartu, dan lainnya ke sembarang orang. Apalagi menampilkannya di unggahan media sosial. Cek di sini.

Ketika belanja di toko, jangan biarkan kartu Anda di-swipe (digesek) di mesin kasir atau mesin lain selain di mesin EDC.

Itu dia empat hal yang harus Anda lakukan agar liburan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan meninggalkan kesan indah. Selamat berlibur!

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.