Kilas

Sempat Kisruh, Gubernur Sulut Nyatakan Kondisi Manado Sudah Kondusif

Kompas.com - 18/10/2018, 11:45 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menyatakan suasana di Provinsi Sulawesi Utara, khususnya kota Manado saat ini sudah berlangsung aman dan kondusif.

Ia menegaskan kondisi tersebut karena sebelumnya sempat terjadi kisruh terkait kedatangan Habib Muhammad Bahar bin Ali bin Smith dan Habib Muhammad Hanif bin Abdurrahman  Al-athos.

Mereka datang ke Menadio untuk menghadiri tabligh akbar dan Haul Albar ke-7 Al Habib Ali bin Abdurahman bin Smith, Senin (15/10/2018). 

Dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (17/10/2018), Gubernur Olly menyatakan, kisruh terjadi akibat adanya salah paham komunikasi. Namun, keamanan daerah tetap terjaga.

“Jadi semua sudah kondusif, Forum Koordinasi Umat Beragama (FKUB) dan Ormas sudah datang, saya kira ada mis-komunikasi sehingga ada hal yang seperti kita lihat kemarin bagaimana. Namun puji Tuhan semua berjalan dengan baik, sehingga tidak terjadi apa-apa,” terang Olly

Untuk itu, guna menghindari kesalahpahaman, Gubernur Sulut menyarankan hendaknya setiap agenda yang akan dilaksanakan di lingkup daerah Sulawesi Utara dapat dikoordinasikan bersama Badan Kerja Sama Umat Beragama (BKSUA).

Lebih lanjut, Olly menerangkan bahwa masyarakat Sulawesi Utara sama sekali tak menolak ulama dan cinta damai.

“Mereka bukan menolak Habib datang di Sulut. Namun yang mereka inginkan agar jangan ada yang memprovokasi sehingga bisa terjadi perpecahan di Sulut,” terang Gubernur.

Lebih dalam lagi, Gubernur Olly menuturkan bahwa menjaga keamaan di Sulut merupakan tugas bersama setiap lapisan masyarakat.

Masyarakat diimbau pula agar jangan mudah terpancing dengan berita hoax yang sengaja disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Warga harus wasapada karena oknum penyebar hoax ingin merusak kerukunan masyarakat Sulut.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com