Advertorial

Tak Perlu ke Afrika, Sabana Terindah Juga Ada di Indonesia

Kompas.com - 23/10/2018, 12:29 WIB
- -

Sumber: Shutterstock

Afrika memang selalu membuat orang terpesona dengan kehidupan alam liarnya. Benua kedua terbesar di dunia ini terbentang luas dengan pesona alam yang eksotis, terutama hamparan padang sabana sebagai panorama khasnya.

Jaraknya yang jauh dari Indonesia membuat harga tiket perjalanan ke Afrika terbilang mahal sehingga cukup sulit untuk dikunjungi. Namun, impian menikmati luasnya padang sabana tak berarti kandas begitu saja.

Beruntung, Indonesia mempunyai sabana yang tak kalah indah dari Afrika. Sabana terindah di Tanah Air itu terletak di Puru Kambera, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Berlokasi di Pulau Sumba, nuansa Puru Kambera dinilai sangat menyerupai Afrika.

Penasaran bagaimana pesona sabana terindah yang ada di Indonesia ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Cara menjangkau Puru Kambera

- -

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sumber: Shutterstock

Nama Puru Kambera sebenarnya lebih dulu disandang oleh sebuah pantai di Sumba Timur. Namun padang sabana yang ada di tengah perjalanan menuju pantai dapat dijadikan destinasi wisata alternatif bagi Anda yang ingin menjelajahi keindahan alam Sumba Timur.

Puru Kambera tepatnya berada di Desa Mondu, Haharu dengan jarak tempuh sekitar 24 kilometer dari Kota Waingapu, Sumba Timur atau sekitar 1 jam berkendara. Wisatawan perlu menyewa mobil untuk sampai di tempat yang disebut sebagai kembaran sabana di Afrika ini.

Hal itu dikarenakan sampai saat ini belum ada kendaraan umum yang bisa membawa pengunjung sampai ke Padang Puru Kambera.

Penampakan Puru Kambera serupa Afrika

Padang Puru Kambera disebut sebagai kembaran Afrika bukan tanpa alasan. Setidaknya, tiga hal yang ada di Puru Kambera berikut seolah akan membawa pengunjung menuju hamparan sabana di Benua Afrika.

1.      Padang rumput kecokelatan

Padang rumput Puru Kambera begitu luas dengan sejumlah pohon besar yang tersebar di areanya. Keindahan padang rumput ini akan serupa dengan Afrika di musim kemarau. Rerumputan hijau berubah warna menjadi cokelat keemasan karena mengering.

- -

Sumber: Shutterstock

Tak hanya itu, pepohonan di sekitar padang rumput pun mulai meranggas sehingga akan mengingatkan Anda pada sabana di Afrika. Panorama tersebut akan semakin indah dengan latar belakang biru laut dan langit yang tampak di kejauhan.

>KLIK DAN JELAJAHI

2.      Udara yang panas

Sumba Timur memiliki iklim tropis kering. Musim kering di daerah ini hampir terjadi sepanjang tahun. Jumlah pepohonan rindang di kawasan ini pun terbilang tidak banyak. Oleh karena itu, Padang Puru Kambera memiliki udara yang panas.

- -

Sumber: Shutterstock

Teriknya matahari yang langsung mengenai tubuh ditambah hangatnya angin laut karena lingkungan gersang, tentu membawa pengunjung seolah sedang berada di tengah alam liar Afrika. Saat datang ke sini, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunblock ya!

3.      Satwa berkeliaran bebas di padang rumput

Hal menarik yang bisa Anda saksikan di Padang Puru Kambera adalah melihat ribuan satwa berkaki empat seperti kuda, kerbau, sapi, dan kambing berkeliaran bebas. Tempat ini memang menjadi ladang makanan bagi berbagai satwa tersebut.

- -

Sumber: Shutterstock

Meski tampak liar, satwa yang hidup bebas di Puru Kambera tersebut beberapa merupakan hewan ternak penduduk sekitar. Tak hanya makan di sabana, kawanan satwa itu juga sering terlihat menyeberang atau bergerombol menutupi jalan raya.

Pengalaman melihat semua aksi hewan-hewan secara langsung dari dekat seperti itu jelas memunculkan sensasi layaknya safari di Afrika.

>KLIK DAN JELAJAHI

Waktu terbaik ke Puru Kambera

Musim kemarau sepanjang April–September menjadi waktu terbaik jika wisatawan ingin menikmati suasana khas Afrika di Puru Kambera. Pada waktu itu, kuda-kuda liar keluar dari hutan untuk mencari makan di sabana.

Pastikan Anda menjaga ketenangan saat menyaksikan tingkah kuda-kuda tersebut. Sedikit saja terusik oleh suara, mereka bisa kabur dan Anda akan kehilangan momen untuk mengabadikan pemandangan langka itu.

Itu dia pesona Padang Puru Kambera yang layak dinobatkan sebagai sabana terindah di Indonesia. Berkunjung ke sini bisa menjadi alternatif wisatawan yang ingin safari ke Afrika.

Tak perlu biaya banyak dan waktu yang panjang, Anda dapat segera terbang ke Sumba untuk menikmati serunya menjelajah Puru Kambera.

Sebelum berangkat, tak ada salahnya mengenal Sumba lebih dekat dengan membaca rubrik "Jelajah Lebih Jauh" di aplikasi Traveloka. Di sana, terdapat beragam pilihan destinasi wisata yang bisa Anda jadikan inspirasi saat travelling.

Setibanya di Sumba, jangan lewatkan pula untuk menjelajahi kekayaan budaya yang ada di pulau ini. Selamat tinggal Afrika, sampai berjumpa Sumba!

>KLIK DAN JELAJAHI

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.