Advertorial

Kementerian PUPR Siap Tayangkan Dokumentasi “Sanitasi Untuk Negeri”

Kompas.com - 01/11/2018, 17:42 WIB
- -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) kini tengah giat membangun fasilitas sanitasi di berbagai wilayah Indonesia. Salah satu yang sedang dibangun ialah tempat pengelolaan sampah.

Pembangunan tersebut dilakukan melalui program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) yang telah merampungkan Tempat Pengelolaan Sampah dengan pendekatan Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat.

“Kita memilihnya dengan seleksi lokasi partisipatif, artinya kalau di situ kelompok masyarakatnya tidak minat, kurang bergairah, kita tidak akan bangun di situ,” kata Direktur PPLP, Dodi Krispratmadi.

Ia melanjutkan, pihaknya memilih masyarakat yang benar-benar berminat dan bersemangat. Oleh karena itu, yang menjadi basis adalah kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Dokumentasikan perjalanan pembangunan infrastruktur

Selain membangun, Kementerian PUPR turut mendokumentasikan pembangunan sanitasi di berbagai lokasi Tanah Air. Dokumentasi yang berisi dampak positif dan manfaat pembangunan sanitasi terhadap masyarakat itu pun siap dipublikasikan kepada khalayak.

Tayangan dokumenter program Sanitasi Untuk Negeri memuat berbagai kisah inspiratif dari berbagai kelompok swadaya masyarakat. Kisah-kisah tersebut dikemas ke dalam sembilan sudut pandang.

Berbagai kisah yang menyertai pembangunan, mulai terbukanya lapangan kerja, kemajuan sektor pariwisata, kehebatan perempuan sebagai pelopor sanitasi, serta kemitraan dengan pemda turut dimuat dalam tayangan dokumentasi.

- -

Tak hanya urusan teknis dan pembangunan fisik

Melalui kisah tersebut, tersirat pesan bahwa infrastruktur tidak hanya urusan teknis dan pembangunan fisik saja. Satu contoh ada dalam pembangunan sanitasi yang juga berkaitan erat dengan pembinaan pola pikir serta perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

Akan ditampilkan pula keberhasilan pembangunan yang juga tentunya tidak lepas dari kerja sama para agen dan tokoh masyarakat dengan pemerintah untuk menyukseskan program Sanitasi Untuk Negeri.

Tayangan dokumentasi tersebut dapat disaksikan di layar kaca setiap Selasa dan Jumat pukul 14.30WIB-15.00WIB, hanya di Kompas TV.