Advertorial

Inilah 5 Alasan Mengapa “Road Trip” Bersama Keluarga Patut Dicoba

Kompas.com - 12/11/2018, 18:35 WIB

Bagi masyarakat Indonesia, tak lengkap rasanya jika hari libur tidak dihabiskan dengan beraktivitas bersama keluarga. Dari sekian banyak aktivitas, travelling masih menjadi pilihan utama. Salah satunya adalah dengan melakukan perjalanan darat alias road trip. Tak seperti moda transportasi lain, inti dari road trip adalah perjalanan menuju destinasi itu sendiri.

Bepergian lewat jalur darat bersama seluruh anggota keluarga memang terdengar melelahkan.Selain durasinya panjang, barang yang harus dibawa pun tidak sedikit. Namun, jika direncanakan dengan baik, ada berbagai hal menyenangkan yang bisa didapatkan dengan melakukan road trip.

Mengeksplor tempat wisata sepanjang rute

Road trip memungkinkan rombongan untuk berhenti kapanpun dan dimanapun saat diinginkan. Meski tujuannya hanya satu kota, manfaatkan waktu perjalanan yang ada untuk mampir ke tempat wisata di sepanjang rute perjalanan. Jangan ragu pula untuk bertanya kepada masyarakat setempat tentang atraksi wisata lokal atau jalur alternatif yang lebih menarik.

Mencoba kuliner lokal

Perjalanan jauh tentu membuat perut lapar. Jangan hanya mengandalkan perbekalan dari rumah, cicipi juga berbagai kuliner khas dari setiap kota yang dilewati. Selain lebih beragam dan tidak membosankan, berwisata kuliner lokal di daerah asalnya pun lebih murah. Sempatkan juga untuk membeli oleh-oleh khas daerah tersebut untuk dinikmati saat tiba di tujuan.

Melatih kesabaran dan kesigapan

Bepergian bersama seluruh keluarga tentu menjadi tantangan tersendiri. Berada di satu ruangan dalam waktu yang panjang, ditambah berbagai hambatan dan kejadian tak terduga tentu kesabaran dan kesigapan yang lebih. Momen road trip bisa menjadi ajang untuk melatih diri dalam menghadapi tantangan dan konflik yang mungkin terjadi. Bukan hanya orang tua, anak pun bisa dilatih kesabaran dan kesigapannya dalam menghadapi perjalanan.

Semakin akrab dengan keluarga

Road trip jelas akan membuat hubungan dengan keluarga semakin erat. Selama perjalanan, anggota keluarga dapat memahami karakter dan kebiasaan masing-masing, bahkan yang belum pernah terlihat sebelumnya. Road trip juga membutuhkan kerja sama agar perjalanan lancar. Kebiasaan untuk saling memahami dan membantu ini pun akan terus melekat hingga perjalanan usai.

Pengalaman berkesan

Meski tak selalu mulus, perjalanan panjang bersama keluarga adalah pengalaman yang tak terlupakan. Pemandangan indah, lelahnya terjebak kemacetan, hingga mabuk darat menjadi pelajaran bagi perjalanan selanjutnya sekaligus kenang-kenangan yang tak mudah dilupakan.

Agar perjalanan mulus dan kondisi tubuh tetap prima, perhatikan pula kenyamanan kendaraan yang digunakan. Mobil keluarga (MPV) berkapasitas 7 penumpang adalah pilihan yang ideal untuk road trip, misalnya Toyota Avanza. Mobil ini mampu mengangkut seluruh penumpang dengan nyaman tanpa mengurangi kapasitas bagasi.

Sejak awal pengembangannya, Toyota Avanza memfokuskan diri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya keluarga. Komitmen ini pun ditunjukkan lewat Grand New Avanza dan Grand New Veloz dengan konfigurasi yang semakin nyaman untuk barang maupun penumpang. Hadir selama 15 tahun, Toyota Avanza telah menemani hampir 1,7 juta masyarakat Indonesia.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com