Advertorial

Aman dan Nyaman untuk Keluarga, Resep Rahasia Kesuksesan mobil MPV

Kompas.com - 12/11/2018, 18:37 WIB

Bagi masyarakat Indonesia yang senang berkumpul bersama keluarga, mobil bukan hanya sekedar kendaraan pribadi untuk transportasi sehari-hari. Di tengah kemacetan ibukota, mobil pun menjadi tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menempuh perjalanan. Karenanya, mobil yang nyaman seperti jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) menjadi primadona bagi konsumen Indonesia.

Selain karena kapasitasnya, kenyamanan yang ditawarkan oleh MPV memang menjadi daya tarik utama. Faktor ini menjadi pertimbangan utama mengingat kecenderungan masyarakat Indonesia untuk bepergian bersama seluruh anggota keluarga. Mampu memuat 7 penumpang di dalam kabin dengan nyaman tanpa mengorbankan kapasitas bagasi adalah kekuatan utama mobil MPV. Tak jarang, mobil jenis ini juga dijadikan pilihan utama sekalipun bagi konsumen yang belum berkeluarga.

Bicara tentang mobil keluarga, bukan rahasia bahwa Toyota Avanza merupakan mobil keluarga terlaris di Indonesia. Kompas.com pun melakukan penelusuran singkat tentang rahasia kesuksesan MPV sejuta umat ini.

- -

Rahasia kenyamanan kendaraan MPV berusia 15 tahun ini ternyata telah dimulai sejak awal pengembangannya, yakni pada tahapan rangka atau sasis. Tak seperti mobil lain, Toyota Avanza mengkombinasilkan sasis yang menyatu dengan badan mobil, atau biasa disebut sasis unibody, dengan sasis tangga (ladder frame). Sasis ladder frame di pasang di bagian tengah ke hingga depan, sementara sisanya ditopang oleh sasis unibody.

Sasis unibody besutan Toyota memiliki kemampuan menanggung beban dan daya tahan yang lebih unggul. Telah dibekali teknologi Global Outstanding Assessment (GOA), karakteristik khasnya adalah ringan dan memiliki pengendalian yang baik. Akibatnya, mobil bisa melaju di berbagai kondisi jalan dengan handling maksimal. Bobotnya yang ringan juga berkontribusi pada efisiensi konsumsi bahan bakar saat mobil melaju.

Di sisi lain, penggunaan sasis jenis ini juga memberikan keuntungan bagi penumpangnya. Pertama, ruang kabin dapat dimaksimalkan sehingga penumpang lebih leluasa ketika berada di dalamnya. Selain itu, sasis jenis ini mampu mengurangi bunyi serta getaran yang terjadi ketika melewati permukaan bergelombang. Teknologi ini pun menghasilkan crumple zone yang melindungi penumpang dengan lebih baik saat terjadi benturan.

Selain itu, sasis unibody pada Toyota Avanza mampu mengakomodasi beban dari 7 penumpang yang dibawanya. Lebih jauh lagi, Toyota Avanza memadukan sasis unibody dengan sistem gerak roda belakang miliknya. Hasilnya, bukan hanya handling dan manuver yang lebih handal, namun juga ekstra nyaman bagi para penumpang.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com