kabar mpr

Wakil Ketua MPR RI Ajak Generasi Muda Cintai Museum

Kompas.com - 13/11/2018, 18:44 WIB

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid mengajak generasi muda dan seluruh lapisan masyarakat untuk mencintai museum. Hal konkret untuk menunjukkan rasa cinta museum adalah dengan gemar mengunjunginya.

Hal itu disampaikan Hidayat usai mengunjungi Museum Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018). Ia disambut langsung oleh Kepala Museum, Siswanto.

Pada kesempatan itu, pria Wakil Ketua MPR RI itu berkesempatan berkunjung ke tempat peninggalan masa lalu, dimulai dari Ruang Manusia Purba dan Benda Purbakala.

Perjalanannya berlanjut ke Ruang Ilmu Pengetahuan Teknologi, Ruang Penyimpanan Emas, dan yang terakhir adalah Taman Arca.

Bangkitkan kebanggaan dan rasa cinta kepada bangsa

Menurut Hidayat, mengunjungi museum mampu membangkitkan kebanggaan dan rasa cinta kepada bangsa. Hal itu dikarenakan museum merupakan tempat menyimpan dan mempelajari jejak peradaban bangsa.

“Seluruh peninggalan yang disimpan di museum bisa membangkitkan inspirasi dan membangun kreatifitas. Karena itu, mari kita mengunjungi museum,” kata dia.

Hidayat melanjutkan, semua peninggalan bangsa akan terlihat hebat jika ada museumnya. Melalui kehebatan itu, suatu bagsa dapat memperoleh penghargaan.

“Bagi Bangsa Indonesia, museum itu sangat penting karena kita adalah bangsa yang besar dan memiliki sejarah yang sangat panjang. Dengan adanya museum, kita bisa memperlihatkan dan mengajarkan peradaban masa lalu kepada generasi muda,” ujar dia.

- -

Oleh karena itu, kunjungan Hidayat di Museum Nasional merupakan suatu bentuk apresiasi kepada pihak museum yang telah memelihara dan melestarikan benda-benda bersejarah Bangsa Indonesia.

Menurutnya, Museum Nasional telah melaksanakan amanat dari Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 untuk melindungi kebudayaan.

Hidayat pun mengaku jika dirinya gemar mengunjungi museum. Tidak hanya di dalam negeri, saat ada kesempatan ke luar negeri ia juga selalu menyempatkan diri mengunjungi museum di sana.

Sementara itu Siswanto mengapresiasi kedatangan Wakil Ketua MPR di Museum Nasional. Menurutnya, kehadirannya merupakan contoh yang baik bagi generasi muda untuk mau berkunjung dan mencintai museum.

Terlebih Museum Nasional memiliki koleksi benda peninggalan yang jumlahnya mencapai 6.500 benda. Selain itu, museum ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com