Kilas

Menko PMK Dorong Peningkatan Hubungan Masyarakat Antarnegara ASEAN

Kompas.com - 15/11/2018, 15:38 WIB

KOMPAS.com – Para pemimpin negara ASEAN melakukan sejumlah pertemuan dengan pemimpin negara-negara mitra dialog ASEAN di hari kedua Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-33.

Beberapa negara mitra dialog tersebut di antaranya  Australia, RRC, Republik Korea, Rusia hingga Jepang. Pertemuan ini memiliki beragam tingkatan, dari pertemuan informal hingga pertemuan tingkat tinggi.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani beserta beberapa Menteri lainnya kembali mendampingi Presiden Jokowi mengikuti rangkaian sidang di hari kedua KTT ASEAN tersebut.

Di hari kedua pelaksanaan KTT ASEAN ke-33 ini, Menko PMK mengungkapkan, pertemuan bilateral dengan pemimpin negara-negara mitra dialog ASEAN salah satunya akan membahas isu pembangunan manusia dan kebudayaan dengan pentingnya meningkatkan kerja sama people to people.

Baca jugaMenko PMK Pastikan Komitmen Negara ASEAN dalam Bidang Kemanusiaan

"Upaya peningkatan hubungan antarmasyarakat dalam hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara ASEAN dan negara mitra lainnya perlu kita dukung dan sambut baik karena hal tersebut dapat membawa kerja sama ke arah yang lebih komprehensif dengan melibatkan dan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat," ujar Menko PMK dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Kamis (15/11/2018).

Selain itu, pada hari kedua ini Menko PMK turut menyaksikan penandatanganan MOU tentang kerja sama ekonomi antara ASEAN dan Eurasian Economic Commission.

Kerja sama ekonomi ini juga turut mewarnai kegiatan KTT ke-2 dari Regional Comprehensive Economic Partnership yang dilakukan ASEAN dengan mitra dialognya, diantaranya dari India, RRC, Republik Korea, Jepang, Australia dan Selandia Baru.

Baca tentang
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.