Advertorial

Cara Mudah Bayar Cicilan Kredit

Kompas.com - 16/11/2018, 15:02 WIB
- -

Tak dipungkiri, membayar cicilan kredit seringkali membuat kepala pusing. Entah karena tenggang waktu yang terlalu lama atau jumlah yang terlalu besar. Karena itu, Anda harus punya cara-cara lain supaya bisa selalu melunasi cicilan kredit tanpa beban.

Kalau Anda termasuk orang yang sedang atau akan mengambil cicilan kredit, berikut adalah tips yang bisa diikuti.

1. Tidak Memaksakan Keinginan

Anda yang baru akan membuka kredit, pastikan telah memikirkan hal ini sejak awal. Seringkali biasanya membuat lupa diri dan memaksakan keinginan di atas kebutuhan. Akhirnya, Anda malah terpuruk secara finansial.

Misalnya, Anda ingin sebuah motor dengan harga Rp 20 juta yang sudah sesuai dengan kebutuhan. Namun, akhirnya mengambil motor dengan harga Rp 25 juta karena cicilan per bulannya hanya lebih beberapa ratus ribu saja.

Selisih ini yang kadang-kadang bisa memberatkan Anda di pertengahan tenor. Padahal, kalau hanya membeli sesuai kebutuhan, Anda bisa mengalokasikan kelebihan uang tersebut untuk hal lain.

2. Atur Kembali Pengeluaran Bulanan

Jika sudah membuka kredit, ada baiknya kembali memeriksa pengeluaran bulanan. Pangkas pengeluaran yang sepertinya tidak terlalu penting. Misal untuk Anda yang jarang di rumah dan menonton TV, mungkin langganan televisi berbayar bisa mulai dihentikan.

Salah satu hal yang dibutuhkan, tapi kadang membebankan adalah layanan internet. Banyak orang yang kadang suka berlebihan untuk urusan yang satu ini dengan menggunakan layanan terbaik. Padahal, sebenarnya dengan paket standar, semua itu sudah terpenuhi.

Ada baiknya, Anda mencatat semua pengeluaran bulanan dan mulai menyeleksi hal-hal yang dirasa tidak perlu. Dengan begitu, Anda bisa sedikit berhemat untuk bayar cicilan kredit.

3. Mulai Mengontrol Utang Konsumtif

Idealnya, kredit Anda tidak lebih dari 35% dari penghasilan. Jika jumlah cicilan Anda sudah dirasa mencapai angka tersebut, ada baiknya tidak lagi menambah jumlah kredit. Kartu kredit memang kadang membantu, tapi seringkali buat Anda lebih konsumtif.

Saat sedang terikat dengan angsuran kredit bulanan, ada baiknya tidak menggunakan kartu kredit lebih dulu. Jika sudah telanjur punya utang konsumtif, segera lunasi agar tidak terlalu berat bila dibarengi dengan cicilan lainnya.

4. Cari Penghasilan Sampingan

Pengeluaran bertambah, tapi penghasilan tetap. Anda sudah berhemat, tapi cicilan tetap buat Anda pusing tiap bulannya. Ini saatnya Anda sudah harus mencari penghasilan tambahan.

Mendapatkan penghasilan tambahan sekarang sudah tidak sulit karena peluang terbuka di mana-mana. Untuk Anda yang masih punya banyak waktu, menjadi blogger merupakan salah satu pilihan yang cocok untuk mencari tambahan penghasilan.

Selain itu, Anda pun bisa menjalankan bisnis online dengan memanfaatkan e-commerce atau media sosial. Buat pekerja kantoran, pilihan menjalankan bisnis online dapat menjadi pilihan bijak karena Anda bisa melakukannya di manapun.

Dengan pandai mengatur waktu, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan pastinya meringankan beban pengeluaran Anda atas cicilan bulanan.

5. Pilih Cara Mudah untuk Bayar Cicilan Kredit

Membayar cicilan kredit tentunya sudah membuat kepala Anda pusing. Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi pakai cara ribet dalam melakukan pembayaran yang bisa-bisa buat Anda semakin pusing. Anda bisa memanfaatkan Traveloka dalam menu Pay Multifinance Bills. Cukup buka situs Traveloka dari komputer dan pilih menunya.

Servis terbaru dari Traveloka ini mampu memudahkan Anda dalam bayar cicilan kredit setiap bulannya. Anda bisa mengaksesnya dari mana pun selama 24 jam dan melakukan pembayaran dari sana. Pastinya, prosesnya cepat dan aman, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Cukup dengan memasukkan nomor pelanggan, Anda sudah langsung mendapatkan jumlah yang tepat untuk cicilan kredit. Sekarang, tidak perlu pusing lagi untuk bayar cicilan kredit, bukan?