Kilas

Gubernur Sulut Luncurkan Buku "Sang Pembuka Gerbang"

Kompas.com - 19/11/2018, 13:07 WIB

KOMPAS.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey meluncurkan buku berjudul "Sang Pembuka Gerbang" pada peringatan ulang tahunnya ke-57, Minggu (18/11/2018).

"Hari ini saya sangat berbahagia karena bisa meluncurkan buku dan merayakan ulang tahun yang ke-57. Ini karena dukungan dari semuanya," ucap Olly pada peluncuran buku yang digelar di Kabupaten Minahasa Utara, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (19/11/2018).

Buku terbitan Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) itu menguraikan terobosan Olly dalam membangun sektor pariwisata di Sulut. Sebab, dia melihat sektor pariwisata di Sulut sangat berpotensi dikembangkan sebagai sumber ekonomi berkesinambungan.

Berbagai langkah dilakukan Olly untuk memajukan sektor pariwisata Sulut. Salah satunya dengan membuka rute penerbangan internasional ke Bandara Sam Ratulangi, Manado.

"Puji Tuhan. Semua jalan terbuka. Mulai perizinan bebas visa, ketersediaan maskapai pesawat dan pembangunan kanwil bea cukai. Semua syarat ini bisa disiapkan untuk menunjang pariwisata," ucap Olly.

Kerja keras Olly berhasil membuat Sulut dibanjiri wisatawan mancanegara. Lima bulan setelah dilantik, Gubernur Olly bersama Wakil Gubernur Steven Kandouw berhasil membuka rute penerbangan langsung dari China.

Hasilnya, sejak Juli hingga Desember 2016, jumlah turis mancanegara yang berkunjung ke Sulut melonjak hingga 46 ribu orang dan didominasi turis asal China.

Jumlah tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa. Sebab, rata-rata kunjungan turis mancanegara ke Sulut selama 10 tahun terakhir hanya berkisar 10.000 sampai 15.000 orang per tahun.

Tahun 2017 jumlah kunjungan turis mancanegara kembali meningkat hingga mencapai 86 ribu orang. Hingga akhir September 2018, tercatat 100 ribu turis mancanegara dan 2.6 juta turis lokal telah mengunjungi Sulut.

Meningkatnya jumlah wisatawan tersebut tentunya menguntungkan perekonomian Sulut. Hasilnya, pertumbuhan ekonomi Sulut dapat mencapai angka 6,23 persen atau di atas rata-rata nasional.

Selain itu, Olly juga mengapresiasi pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah yang turut memajukan sektor pariwisata Sulut.

"Keadaan Sulawesi Utara bisa seperti sekarang ini karena besarnya perhatian dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla termasuk dalam pembangunan infrastruktur jalan tol, waduk kuwil dan lainnya," tutur Olly.

Buku yang ditulis Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata Dino Gobel ini dieditori langsung oleh Wakil Gubernur Steven Kandouw. Pada kesempatan yang sama, Kandouw mengatakan buku Sang Pembuka Gerbang ditulis berdasarkan data-data yang ada di lapangan.

Menurut Kandouw, terobosan di sektor pariwisata Sulut yang dilakukan Olly adalah hal besar yang harus diapresiasi karena tidak bisa dilakukan oleh semua orang.

"Orang besar adalah orang yang bisa melakukan hal-hal besar," tandas Kandouw.

Sebagai informasi, peluncuran buku "Sang Pembuka Gerbang" turut dihadiri jajaran Forkopimda, anggota V BPK RI Isma Yatun, Ketua TP PKK Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen, pimpinan PT. Kompas Gramedia dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com