Advertorial

Cek Sebelum Membeli, Pastikan MPV Incaran Miliki Lima Fitur Keamanan Ini

Kompas.com - 20/11/2018, 07:56 WIB

Tingginya permintaan mobil keluarga atau Multi Purpose Vehicle (MPV) menjadikan pilihannya begitu beragam, memilihnya pun bisa dikatakan gampang-gampang susah. Selain selera, kesesuaian budget, dan ketersediaan di pasar, faktor keamanan dan keselamatan pun menjadi pertimbangan utama dalam memilih, apalagi mengingat mobil tersebut diperuntukkan bagi seluruh keluarga.

Berbagai fitur keamanan canggih pun kini telah ditanamkan ke dalam MPV untuk memberikan kenyamanan dan proteksi lebih bagi penumpangnya. Kantong udara, kamera, hingga kecerdasan buatan pun menjadi bagian dari sistem keselamatannya. Namun sebelum menengok fitur-fitur canggih lainnya, pastikan bahwa mobil incaran sudah dilengkapi dengan sistem keamanan berikut.

Sabuk pengaman untuk semua penumpang

Mengenakan sabuk pengaman adalah kewajiban utama dalam berkendara. Sabuk pengaman pun menjadi bagian tak terpisahkan dari fitur keselamatan mobil. Khusus untuk mobil keluarga, sebaiknya pilih mobil yang sudah memiliki sabuk pengaman bukan hanya di kursi depan, namun juga di kursi tengah dan belakang. Pahami juga bahwa sabuk pengaman dengan 3 titik (3 point seatbelt) lebih aman bagi penumpang.

Sistem perlindungan anak

Bagi mobil keluarga, sistem perlindungan anak adalah hal yang wajib dimiliki. Bukan hanya untuk melindungi anak, fitur ini pun memuat perjalanan lebih nyaman. Misalnya saja fitur child lock yang mencegah pintu terbuka dari dalam. Selain itu, fitur jam protection pada power window juga mencegah penumpang terjepit ketika kaca mobil tertutup. Beberapa MPV bahkan memiliki konfigurasi khusus untuk menempatkan car seat anak dengan lebih baik.

Headrest pada setiap kursi

Tak banyak yang menyadari bahwa headrest merupakan elemen penting di dalam interior mobil .Selain membuat duduk lebih nyaman, keberadaan headrest juga memberikan proteksi bagi penumpangnya. Ketika terjadi benturan, headrest mampu menahan posisi kepala sehingga meminimalisir cedera leher. Oleh karena itu, demi keselamatan penumpang, setiap tempat duduk wajib dilengkapi dengan headrest.

Sistem rem ABS

Sistem ini bekerja dengan mencegah roda terkunci ketika terjadi pengereman mendadak. Dengan rem ABS, sensor akan bekerja untuk mengembalikan tekanan piston rem ke titik normal secara berulang dan cepat. Akibatnya, mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman semakin efektif sehingga mengurangi dampak kecelakaan.

Side impact beam untuk proteksi

Selain perlindungan di dalam, keamanan eksterior mobil juga perlu dipertimbangkan. Pastikan mobil telah dilengkapi dengan side impact beam sebagai perlindungan tambahan bagi penumpang. Fitur ini menyalurkan dampak benturan ke bagian mobil lainnya sehingga kerusakan di bagian samping dapat diminimalisir sekaligus melindungi penumpang di kursi belakang.

Semua fitur keamanan ini bisa ditemukan di Toyota Avanza. Selain fitur keselamatan diatas, Avanza juga dilengkapi fitur keselamatan lainnya misalnya seperti alarm peringatan yang akan berbunyi jika penumpang belum mengenakan sabuk pengaman. Selain itu, tersedia pula ISOFIX dan top tether anchor yang memudahkan pemasangan car seat anak. Berkendara pun semakin tenang berkat wireless key yang dilengkapi dengan immobilizer. Tak heran jika 1,7 juta masyarakat Indonesia sudah mempercayakan perjalanannya dengan Toyota Avanza.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com