Advertorial

Angka dan Fakta Di Balik Nyamannya Berkendara dengan MPV

Kompas.com - 20/11/2018, 11:08 WIB

Berkendara di jalanan, khususnya ibukota, tak hanya membutuhkan kelincahan, namun juga kehati-hatian. Selain berpacu dengan waktu, berkendara di ibukota pun dibumbui berbagai peraturan lalu lintas yang harus ditaati. Tak sampai di situ saja, kemacetan, jalanan yang rusak, hingga pengguna jalan yang kurang tertib pun menjadi makanan sehari-hari. Kondisi ini mau tak mau membuat pengemudi harus ekstra hati-hati, apalagi bagi para pemula.

Selain berhati-hati ketika mengemudi, faktor kendaraan pun berkontribusi dalam keamanan dan keselamatan di jalanan. Jika ditelisik lebih dalam, beberapa jenis mobil sebenarnya telah dirancang sedemikian rupa untuk menghadapi berbagai kondisi jalanan dan cara mengemudi yang berbeda-beda. Contoh paling populer adalah kendaraan di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV).

Bukan rahasia jika kapasitas adalah senjata utama MPV dalam menguasai pasar mobil di tanah air. Cocok dengan karakter keluarga Indonesia yang sering bepergian bersama keluarga, MPV mampu mengangkut hingga 7 penumpang dengan nyaman. Namun dibalik kemampuannya itu, sang pengemudi pun tak kalah dimanjakan dengan spesifikasi yang di dedikasikan untuk kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

Salah satunya adalah dengan memilih kendaraan yang memiliki jarak mobil ke tanah atau ground clearance ideal untuk menghadapi berbagai kondisi jalanan. Idealnya, ground clearance untuk MPV berkisar di angka 200 mm. Jarak ini menjadikan kendaraan mampu melaju di berbagai kontur jalan, mulai dari jalan mulus beraspal, polisi tidur, hingga genangan pun bisa dilewati dengan lancar tanpa merusak bagian bawah mobil.

Selain jarak vertikal dengan permukaan jalan, radius putar mobil juga menentukan kenyamanan dalam berkendara. Lebar jalan yang terbatas menjadi momok tersendiri ketika di perjalanan, apalagi ketika ingin berputar balik atau memarkir mobil. Karenanya, pengemudi perlu mengetahui berapa jarak radius putar mobilnya agar perjalanan semakin lancar. Radius putar yang ideal memang tergantung pada jenis mobil dan kebutuhannya, namun semakin kecil radius putar, maka semakin gesit manuvernya.

Meski telah didukung dengan rumus matematika, fitur keamanan pada mobil tetap menjadi perisai utama dalam berkendara, terlebih untuk mobil keluarga. Pada MPV, keselamatan dan keamanan para penumpang terjamin dengan fitur-fitur cerdas maupun desain interior dan eksterior. Selain sabuk pengaman dan kantong udara, periksa pula fitur keamanan lainnya agar perjalanan semakin tenang.

Penerapan desain dan ketelitian teknis tersebut bisa ditemui pada MPV favorit keluarga Indonesia, Toyota Avanza.  Dengan ground clearance ideal 200 mm dan radius putar 4,7 meter, ia mampu bermanuver dengan lincah di segala medan. Berbagai fitur keamanan pun telah ditanamkan untuk melindungi para penumpang. Mulai dari sistem pengereman ABS, sabuk pengaman 3 titik, hingga sistem rangka berstandar Global Outstanding Assessment (GOA) yang mampu meredam benturan. Inilah salah satu alasan yang membuat Toyota Avanza menjadi andalan 1,7 juta masyarakat Indonesia selama 15 tahun.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com