Advertorial

Pilah-pilih MPV, Mana yang Paling Cocok untuk Keluarga Indonesia?

Kompas.com - 20/11/2018, 12:17 WIB

Dari tahun ke tahun, mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) semakin memantapkan posisinya di puncak daftar mobil terlaris di Indonesia. Berdasarkan data yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil jenis ini mengisi posisi teratas mobil terlaris di Indonesia.

Ke depannya, segmen mobil keluarga pun diprediksi bakal tetap eksis dan mendominasi persaingan penjualan mobil di tanah air. Alasannya sederhana, selain karena harganya yang cukup terjangkau, kabinnya pun memiliki daya tampung yang memadai, cocok dengan karakter orang Indonesia yang senang bepergian bersama keluarga. Faktor ini pun diyakini menjadi magnet utama yang menarik konsumen untuk membawa pulang setiap unitnya.

Meski pilihan berlimpah, memilih MPV tak semudah membalikkan telapak tangan.  Beragam pilihan merek, model, hingga warna ditawarkan dengan harga yang bersaing dan berbagai bonus. Sebagai konsumen yang cerdas, jangan mudah tergoda harga murah atau bonus melimpah dan pastikan MPV yang dipilih mampu menjawab kebutuhan mobilitas keluarga.

Soal kapasitas tidak perlu dipertanyakan lagi karena rata-rata setiap MPV menawarkan 7 kursi penumpang. Namun, perhatikan pula konfigurasi tempat duduknya. Ukuran, desain, dan penempatan kursi inilah yang menentukan kenyamanan penumpang dan keleluasaan dalam memuat barang bawaan. Jangan ragu untuk mencoba melipat kursi belakang saat mencoba mobil agar terlihat seberapa luas ruang yang tercipta dan bagaimana dampaknya bagi kenyamanan para penumpang.

Selain kapasitas, fitur keamanan juga harus diperhatikan. Catat dan bandingkan fitur keamanan yang dimiliki oleh masing-masing kandidat. Ingat, mobil ini didedikasikan untuk keluarga. Karenanya, faktor keamanan dan keselamatan tidak boleh dikompromikan meski harus membayar lebih mahal. Paling tidak, pastikan setiap kursi penumpang memiliki sabuk pengaman.

Jangan lupakan juga soal layanan purna jual dan nilai jual kembali mobil tersebut. Mobil keluarga tentu digunakan untuk berbagai kesempatan. Karenanya, harus dilakukan perawatan rutin dan berkala agar kondisinya tetap prima. Manfaatkanlah layanan purna jual resmi yang disediakan dan pastikan layanan konsumen serta suku cadangnya mudah didapatkan. Jika mobil dalam kondisi baik, maka nilai jual kembalinya pun tak akan terjun bebas.

Jika masih bingung, cara paling mudah dan aman adalah dengan memilih MPV yang paling laris di pasaran seperti Toyota Avanza. Angka penjualannya yang tinggi bukan tanpa alasan, dipastikan ada kepuasan para konsumen dari setiap unit yang terjual. Selain kapasitas dan keamanannya terjamin, Toyota Avanza juga memiliki jaringan penjualan dan layanan purna jual terbanyak dengan 325 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Sejak pertama kali diluncurkan 15 tahun lalu, jaminan standar kualitas produk dan teknologinya ini telah membawanya terus eksis hingga saat ini. Tak heran jika 1,7 juta keluarga Indonesia memilih Toyota Avanza sebagai partner dalam beraktivitas.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com