Advertorial

Merangkul Para Pelaku Ekonomi Menghadapi Era Disrupsi Melalui Inovasi Teknologi

Kompas.com - 23/11/2018, 15:58 WIB

Menghadapi era disrupsi di berbagai sektor, WIR Group sebagai kelompok perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam pemanfaatan teknologi digital reality (AR-VR-AI) berkolaborasi dengan Plaza Indonesia, shopping mall premium di Jakarta, akan menggelar sebuah movement disrupsi tahunan yang bersifat inklusif “DISRUPTO 2018 : The Movement to Disrupt & Transform The Business” pada 23-25 November 2018 mendatang berlokasi di Plaza Indonesia Extension level  4, 5 dan 6.

Sebagai tahun perdana, nantinya DISRUPTO 2018 ini akan menjadi momen penandatanganan kerjasama antar pelaku ekonomi lokal maupun global demi mendukung perkembangan inklusi ekonomi di Indonesia. DISRUPTO 2018 juga akan diramaikan oleh lebih dari 100 pembicara, 200 lebih startup dengan berbagai latar belakang industri, 50 lebih exhibitors, dan melibatkan lebih dari 700 volunteers.

Perhelatan ini akan dihadiri oleh sejumlah lembaga Pemerintah Indonesia sebagai pembicara seperti, Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia, Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi Indonesia, Thomas Lembong sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Triawan Munaf sebagai kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF). Selain itu, institusi keuangan global seperti UBS, Julius Baer Group, serta venture capital seperti Kalla Group, Kejora Ventures, Gobi Partners, Vertex Ventures dan lainnya juga akan menghadiri acara ini untuk meninjau lanskap startup di Indonesia.

“Kegiatan movement disrupsi tahunan ini tidak hanya sebagai wadah yang mempertemukan berbagai pihak dan kegiatan panel diskusi semata, namun juga bertujuan untuk memicu terciptanya kerjasama strategis antar pelaku ekonomi dalam menghadapi transformasi bisnis di Indonesia,” ujar Daniel Surya, CEO & Co-Founder WIR Group.

Sebagai salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia, PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank) juga turut serta mendukung kegiatan DISRUPTO 2018 ini. Jenny Wiriyanto sebagai Direktur Community Financial Services Maybank Indonesia mengatakan, “Dukungan terhadap acara ini menjadi langkah awal kami dalam mengelaborasikan strategi digital ke dalam lini strategi lain yang sudah kami jalankan sebelumnya, karena sektor perbankan merupakan salah satu industri yang juga terdisrupsi oleh perkembangan teknologi,” ujarnya.

Berbagai topik mengenai disrupsi yang telah mentransformasi bisnis serta kehidupan manusia dan  perkembangan lanskap startup Indonesia akan dibahas pada acara ini yang terbagi dalam beberapa zona bagian. Diantaranya adalah Future Tech Zone yang akan membahas bagaimana Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) & Artificial Intelligence (AI) mendisrupsi berbagai aspek kehidupan, Green Tech Zone yang akan membahas bagaimana teknologi hijau di masa depan akan mengubah kehidupan sehari-hari, Startups Zone yang akan mempertemukan pelaku startups dengan investor, the brand zone yang akan menampilkan beberapa merek yang telah mendisrupsi bisnis, The creative product zone yang akan menghadirkan produk-produk kreatif yang belum diproduksi massal dan The digital content zone yang membicarakan bagaimana membuat konten digital berkualitas. Zona-zona tersebut akan tersebar di lantai 4, 5 & 6 Plaza Indonesia Extension.

Astri Abyanti, sebagai General Manager Marketing Plaza Indonesia Extension mengatakan, “Sebagai pelaku industri ritel dan pusat gaya hidup terdepan ibukota, kami senang turut mengambil bagian sebagai partners untuk DISRUPTO 2018, karena kami percaya inovasi teknologi kini sudah harus menjadi satu bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Plaza Indonesia pun juga terus mengeksplorasi pengembangan-pengembangan inovasi teknologi yang bisa memberikan pengalaman berbelanja terbaru yang luar biasa bagi customer kami dengan mengutamakan beberapa faktor diantaranya kecepatan, kemudahan dan kenyamanan berbelanja,” ujarnya.

Selain menghadirkan berbagai zona yang menampilkan perkembangan teknologi, acara ini juga membantu membuka peluang kerjasama baru antara pelaku startups dengan institusi finansial lokal maupun global melalui matchmaking session. Informasi lebih lanjut mengenai acara ini, Anda dapat mengunjungi website DISRUPTO 2018 dengan klik tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com