Kilas

Ganjar Pranowo Ajak Ribuan Pelajar Mulai Hidup Sehat

Kompas.com - 23/11/2018, 18:38 WIB
Ganjar Pranowo memperhatikan salah satu siswi mempraktekan enam langkah cuci tangan pakai sabun Dok. Humas Pemprov Jawa TengahGanjar Pranowo memperhatikan salah satu siswi mempraktekan enam langkah cuci tangan pakai sabun

KOMPAS.com – Demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat sejak dini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kampanyekan kiat hidup sehat di hadapan 3.000 pelajar SMA dan SMK se-Jawa Tengah.

Kehadiran Ganjar Pranowo di hadapan ribuan pelajar tersebut dalam rangka menghadiri deklarasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), di GOR Universitas PGRI Semarang, Jumat (23/11/2018).

“Anak-anak ini kami siapkan untuk menjadi anak cerdas dan sehat. Nyatanya masih banyak di antara mereka dengan kejujurannya bilang belum biasa cuci tangan, makan buah dan sayur tidak menarik karena junk food lebih menarik. Mereka ternyata banyak juga yang tidak suka berolahraga," kata Ganjar Pranowo dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Dalam acara tersebut juga diisi kegiatan mempraktekan enam langkah cuci tangan pakai sabun (CTPS), mengajak seluruh pelajar untuk mengonsumsi makanan sehat dan mulai rutin berolahraga minimal 30 menit dalam sehari.

Melalui kegiatan ini Ganjar berharap masyarakat mulai hidup sehat sejak dini, terlebih para pelajar agar bisa terus sehat ditengah aktivitas yang semakin banyak.

"Maka ini treatment yang harus kita jalankan agar bisa happy dan sehat, karena kalau sehat itu kan pasti bahagia," katanya.

Tak hanya pelajar, praktisi kesehatan serta ormas terkait juga turut dilibatkan dalam deklarasi Gerakan Masyarakat Sehat tersebut.

Lalu sebagai simbolik, Ganjar turut menuliskan pesan pada kain panjang sebagai bentuk deklarasi. Pesan tentang kesehatan itu berisi “Sehat itu makan buah dan sayur, olahraga dan cuci tangan sebelum makan”.

Baca tentang