Cegah Penuaan Dini dengan 5 Makanan Ini - Kompas.com
Info BCA

Cegah Penuaan Dini dengan 5 Makanan Ini

Kompas.com - 28/11/2018, 09:15 WIB
-- -

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami proses penuaan dari luar dan dalam. Salah satunya dapat dilihat dari kondisi kulit kita. Kulit mulai tidak memproduksi kolagen dan melanin seperti pada masa muda Anda. Semakin tua, massa otot juga akan terus menurun. Hal ini perlahan akan mengakibatkan kulit mengering, berkeriput, kendur, serta menjadi kusam.

Berbagai faktor lain seperti paparan sinar matahari, polusi udara dan asap kendaraan bermotor, kebiasaan merokok, stres, masalah tidur, hingga pola makan dan rutinitas fisik turut berperan dalam mempercepat penuaan dini dari luar. Lantas, apakah ada jalan untuk mencegah penuaan dini?

Sebenarnya, melawan efek penuaan dini dapat dilakukan dengan menerapkan pola makan yang sehat dan memilih jenis makanan yang tepat. Beberapa bahan makanan dapat membantu Anda mencegah penuaan dini, menyehatkan kulit, dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Simak saja daftar makanan berikut.

1. Delima merah (pomegranate)

Khawatir dengan kulit keriput dan garis-garis halus di wajah? Perbanyak saja konsumsi delima merah. Kombinasi polifenol dan vitamin C dalam buah ini mampu melawan radikal bebas yang tinggi sekaligus melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Delima merah juga mengandung senyawa pulicanagin yang akan membantu tubuh dalam menyimpan kolagen serta menjaga kesehatan jaringan kulit.

2. Blueberry, raspberry, blackberry

Tidak hanya lezat, berbagai jenis buah beri juga dapat membantu proses peremajaan tubuh berkat tingginya kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan akan melawan radikal bebas yang menyerang lewat polusi, sinar matahari, dan berbagai bahan-bahan kimia berbahaya.

Kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat pada buah-buahan ini ampuh untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

3. Kacang-kacangan

Sedang mencari cemilan sehat untuk menemani waktu senggang Anda? Sediakan saja kacang merah, kacang almond, kacang tanah, atau kacang mete di rak makanan Anda.  Kacang-kacangan merupakan pilihan tepat untuk mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam bahan pangan satu ini dapat berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.

Kacang juga mengandung selenium, vitamin E, tembaga, magnesium, mangan, kalium, kalsium, serta zat besi yang semuanya baik untuk kesehatan kulit.

4. Minyak zaitun

Kombinasi lemak baik dengan vitamin A dan E yang terdapat dalam minyak zaitun dapat merawat kulit Anda agar tetap kenyal dan lembab. Kehadiran vitamin E dalam minyak ini juga melindungi kulit dari radikal bebas, penuaan pada wajah, dan kerusakan lain yang diakibatkan oleh paparan polusi dan sinar matahari.

Tidak hanya baik untuk kulit, minyak zaitun juga mampu melindungi kesehatan jantung Anda. Minyak sehat ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan polifenol, senyawa yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mungkin mengurangi risiko pembekuan darah.

5. Alpukat

Selain mengenyangkan, alpukat juga berkhasiat mencegah penuaan dini. Buah satu ini kaya akan vitamin E yang mampu merangsang produksi kolagen agar kekenyalan kulit tetap terjaga serta terlihat lebih cerah.

Asam lemak tak jenuh dan serat dalam buah ini pun mengurangi inflamasi dan menurunkan risiko penyakit jantung. Rutin mengonsumsi alpukat juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan total kolesterol.

Kebaikan yang diberikan dari alam ternyata tak sekedar lezat untuk dikonsumsi. Anda pun dapat memperoleh manfaat baik dari zat gizi yang terkandung dalam bahan pangan yang Anda makan.

Ingin mulai gaya hidup sehat dengan bahan pangan kaya zat gizi? Telusuri saja toko makanan organik yang saat ini banyak tersedia di online marketplace. Aneka jenis panganan sehat, mulai dari beras merah, minyak zaitun, kacang-kacangan, hingga buah-buahan sehat tersedia untuk Anda.

Jika tidak mau repot saat pembayarannya? Gunakan saja layanan m-Transfer dari BCA Mobile. Melalui fasilitas ini, Anda dapat membayar tagihan belanja online langsung dari smartphone Anda. Penggunaanya sangat praktis. Mau tahu seperti apa? Cek di sini. Selamat berbelanja!