Advertorial

Kerap Dilupakan, Hal Ini Ternyata Perlu Diperhatikan untuk Menjaga Keawetan MPV

Kompas.com - 28/11/2018, 13:25 WIB

Memilih mobil keluarga bukan hanya soal selera dan harga. Mengingat penggunanya bukan hanya satu atau dua orang, mobil yang ideal harus mampu mengakomodir kebutuhan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga. Faktanya, mobil jenis Multi-Purpose Vehicle (MPV) adalah mobil favorit untuk segmen ini. Berkat kapasitas mumpuni dan harganya yang cenderung terjangkau, nyatanya MPV memang terbukti mampu menjadi partner handal dalam aktivitas keluarga.

Kapasitas MPV yang mampu menampung 7 orang menjadi salah satu alasan yang menjadikannya digemari. Jika kapasitasnya sudah sesuai, hal berikutnya yang menjadi perhatian adalah aspek kenyamanan. Kabin harus memiliki ruang yang cukup leluasa untuk para penumpang, pengemudi, serta barang bawaannya. Selain itu, pertimbangan lain dalam memilih MPV adalah konsumsi bahan bakar yang efektif. Mengingat MPV digunakan untuk menemani aktivitas banyak orang, konsumsi bahan bakar pun akan lebih tinggi.

Kapasitas, kenyamanan, dan konsumsi bahan bakar adalah faktor yang paling sering diperhatikan oleh konsumen sebelum membeli MPV. Namun, tak banyak yang menyadari bahwa faktor desain dan dimensi eksterior MPV juga memainkan peranan besar. Salah satunya adalah soal tinggi ground clearance yang dimiliki sebuah mobil MPV.

Ground clearance adalah istilah otomotif yang digunakan untuk menyebut sejumlah ruang di antara dasar dari ban kendaraan dengan bagian bawah sasis. Dalam dunia otomotif, terutama mobil, ground clearance diukur ketika tidak ada muatan ataupun penumpang di dalamnya. Selain mempengaruhi kemampuan mobil dalam menghadapi medan, kemudahan handling, dan sifat aerodinamis, ground clearance juga mencegah kerusakan akibat permukaan jalan di bawahnya.

Penggunaan MPV sebagai mobil keluarga ditambah dengan kondisi infrastruktur jalanan di Indonesia yang beragam adalah salah satu alasan yang menjadikan ground clearance menjadi hal yang penting dalam memilih mobil.

Misalnya ketika sedang berlibur bersama keluarga. Saat perjalanan jauh kerap ditemui kondisi jalan yang bergelombang atau masih bebatuan. Karenanya, agar bagian bawah mobil tidak cepat rusak, perhatikan ground clearance mobil sebelum dan sesudah diisi oleh muatan barang dan penumpang. Pastikan jaraknya masih aman untuk melewati medan yang tidak rata.

Salah satu MPV keluarga yang tercatat memiliki ground clearance ideal adalah Toyota Avanza. Memiliki tinggi 200 milimeter dari permukaan jalan, spesifikasi ini adalah yang paling ideal untuk menghadapi berbagai kondisi jalan di Indonesia. Ukuran ini pun bukan hanya aman untuk bagian bawah mobil, namun juga terasa nyaman bagi para penumpang di dalamnya. Tak heran jika Toyota Avanza terus menjadi pemimpin segmen ini bahkan setelah 15 tahun hadir menemani 1,7 juta keluarga Indonesia.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com