Pinjaman Tunai Tanpa Risiko? Ada Kok! - Kompas.com
Advertorial

Pinjaman Tunai Tanpa Risiko? Ada Kok!

Kompas.com - 29/11/2018, 17:59 WIB
- -

Pinjaman tunai yang diberikan lembaga kredit online memang bisa menjadi solusi saat dana simpanan masih kurang untuk memenuhi kebutuhan. Hanya saja, di tengah maraknya kemunculan rentenir online, apakah ada pinjaman online yang benar-benar bebas risiko?

Ketika berbagai kebutuhan lain muncul di luar rencana pengeluaran, ada kalanya kita membutuhkan dana tambahan. Bila simpanan dana semakin menipis dan tak mencukupi, bantuan pinjaman yang ditawarkan oleh fintech bisa jadi jawaban.

Layanan pinjaman online memang sedang menjamur di Indonesia. Meskipun usianya baru seumur jagung jika dibandingkan layanan perbankan konvensional, fasilitas pinjaman dana tunai yang ditawarkan fintech ini banyak digandrungi orang. Alasannya tentu karena akses kredit ke perbankan cukup rumit untuk didapatkan dibandingkan dengan pinjaman online.

Cermat memilih kredit online

Hanya saja, akhir-akhir ini, berbagai pemberitaan negatif mengenai layanan kredit online marak beredar, mulai dari mengenakan bunga mencekik, menyebarkan data pribadi, hingga menagih dengan cara kasar. Kasus tersebut bukanlah pertama kalinya yang ramai dibicarakan.

Akibat hal tersebut, masyarakat pun mulai meragukan keamanan fintech. Padahal, tidak semua fintech seperti itu. Ada yang regulasinya jelas, bahkan terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan.

Untuk itu, kamu sebagai calon nasabah harus pintar-pintar dalam memilih fintech mana yang aman dan memenuhi standar untuk digunakan. Dengan demikian, kehadiran mereka justru bisa membantu kamu yang sedang membutuhkan pinjaman dana tunai, bukannya malah menjerumuskanmu ke dalam jeratan rentenir.

Kredivo, salah satu lembaga pinjaman online yang terjamin keamanannya

Salah satu lembaga kredit online terpercaya yang bisa Anda pilih adalah Kredivo. Kredivo memberikan layanan pinjaman bagi masyarakat Indonesia yang selama ini kesulitan dalam mendapatkan fasilitas kredit.

Pinjaman yang diberikan Kredivo berbentuk limit kredit yang bisa digunakan untuk berbelanja online pada lebih dari 200 e-commerce di Indonesia dan bisa dicairkan dalam bentuk dana tunai.

Layanan Kredivo berbasis teknologi yang memiliki prinsip responsible lending (bertanggung jawab). Artinya, dalam memberikan pinjaman, Kredivo memberikan transparansi produk, baik dari segi bunga, biaya tambahan, maupun simulasi cicilan. Ada dua jenis layanan yang bisa dipilih:

Bayar dalam 30 Hari:

Bunga 0 persen, maksimum limit sebesar Rp 3 juta, maksimum tenor 30 hari

Cicilan:

Bunga 2,95 persen per bulan, maksimum limit sebesar Rp 20 juta, pilihan tenor 3, 6, hingga 12 bulan

Dari informasi di atas, dapat dilihat bahwa bunga yang dikenakan Kredivo lebih rendah dibandingkan layanan kredit online lainnya yang bisa mengenakan bunga satu hingga tiga persen per hari. Idealnya, lembaga kredit online perlu mengacu pada kebijakan suku bunga yang ditetapkan Bank Indonesia: mulai dari 3 persen hingga 6 persen per bulan.

Supaya kondisi keuanganmu tetap aman dan nggak terjebak bunga, hindari menggunakan fasilitas pinjaman tunai online dari fintech yang mematok suku bunga harian 1 persen hingga 3 persen. Untuk menghindari kecurangan, pilih jasa fintech atau pinjaman tunai online yang mencantumkan suku bunga yang jelas di awal, baik pada situs maupun aplikasinya.

Selain bunga, kamu juga perlu memperhatikan mengenai keamanan data. Dari aneka kasus yang beredar, banyak kredit online nakal yang menyebarluaskan data pribadi nasabah. Untuk itu, pilihlah lembaga pinjaman tunai tanpa jaminan proses cepat yang melindungi data-datamu dengan sistem yang aman, seperti Kredivo.

Kamu tak perlu khawatir bertransaksi menggunakan Kredivo karena data pribadimu sepenuhnya dilindungi dengan enkripsi.

Kredivo juga telah diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan terdaftar langsung di OJK, Kredivo bisa dikatakan sudah memiliki satu poin kredibilitas yang cukup baik.

Nah, kini kamu tak perlu ragu lagi mengajukan pinjaman tunai secara online. Selama kamu bisa memilih fintech yang memenuhi standar keamanan, kehadiran kredit online bisa membantu keuanganmu.

Sebagai nasabah yang bijak, pastikan seluruh pinjaman yang Anda ajukan telah melalui perhitungan finansial yang matang. Usahakan untuk meminjam uang di fintech hanya untuk kebutuhan penting dan darurat saja, bukan untuk kebutuhan konsumtif seperti jalan-jalan atau beli gadget baru.

Kalau sudah punya angsuran pinjaman, maka sebaiknya fokus lebih dulu untuk menyelesaikan angsuran tersebut sebelum mengambil angsuran atau pinjaman lainnya.