Advertorial

Keuntungan Bayar Listrik Secara Prabayar

Kompas.com - 30/11/2018, 17:58 WIB
- -

Listrik adalah salah satu kebutuhan dasar yang penting bagi masyarakat luas. Apalagi di era modern seperti saat ini, dimana aktivitas sosial dan ekonomi sangat bergantung pada perangkat elektronik yang membutuhkan listrik sebagai sumber energinya.

Seiring berkembangnya teknologi, Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai perusahaan BUMN yang menyediakan pasokan listrik untuk masyarakat Indonesia meluncurkan sistem layanan listrik pintar dengan mekanisme pembayaran secara prabayar.

Secara sederhana, mekanisme pembayaran listrik sama seperti membeli pulsa untuk telepon genggam kita. Meski layanan pasca bayar masih tersedia, saat ini pelanggan baru diwajibkan untuk menggunakan listrik prabayar.

Nah, jadi apa saja keuntungan menggunakan listrik prabayar?

1.      Biaya instalasi lebih hemat

Keuntungan pertama dari listrik prabayar ini adalah biaya instalasi yang lebih murah. Pemasangan listrik pasca bayar lebih mahal karena selain biaya instalasi, pelanggan juga dibebankan biaya uang jaminan langganan (UJL) berdasarkan tarif dan daya yang diinginkan.

Sedangkan untuk pemasangan listrik prabayar, pelanggan hanya perlu membayar biaya instalasi tanpa dibebankan biaya UJL.

2.      Mengatur biaya listrik sesuai anggaran belanja

Pelanggan prabayar tak perlu khawatir lagi soal tagihan bulanan. Hal ini dikarenakan mekanisme pembayaran di muka sesuai dengan nominal yang diinginkan oleh pelanggan sebelum dapat menikmati fasilitas listrik.

Selain terhindar dari rasa was-was akan besaran tagihan bulanan, Tentu hal tersebut dapat membantu para pelanggan untuk menyesuaikan pengeluaran listrik dengan anggaran yang telah ditetapkan.

3.      Terhindar dari denda keterlambatan

Menggunakan sistem prabayar tentu tak perlu takut denda karena telat membayar tagihan. Sistem pembayaran di muka tentu menghindarkanmu dari denda keterlambatan dan biaya admin yang sering dialami pelanggan pasca bayar.

Hal terpenting yang harus diingat adalah jangan lupa untuk membeli pulsa listrik agar tidak padam karena kehabisan token listrik. Perhatikan selalu sisa token listrik, dan segera isi token listrik jika sudah terdengar bunyi peringatan dari meteran listrik.

4.      Pembelian token listrik mudah dan praktis

Pengguna listrik prabayar tidak perlu membayar listrik setiap bulan dengan mendatangi tempat-tempat pembayaran seperti kantor PLN setiap bulannya. Cukup menyiapkan kartu prabayar atau mencatat ID pelanggan/nomor meteran untuk mengisi token listrik lewat berbagai layanan yang tersedia, salah satunya melalui BCA mobile.

Caranya sangat mudah. Cek di sini. Dengan m-BCA kamu tidak perlu khawatir lagi jika token listrik tiba-tiba habis. Beli token listrik bisa dilakukan kapanpun, dimanapun dengan BCA mobile.