Advertorial

Sarden ABC Bantu Jadikan Anak Indonesia yang Tercerdas di Dunia

Kompas.com - 03/12/2018, 10:01 WIB

Anak Indonesia tentu tidak diragukan kecerdasannya. Namun, sudah setarakah kecerdasan mereka dengan anak-anak lain di seluruh dunia?

Menurut penilaian PISA (Programme for International Student Assessment) yang mengukur tingkat kepintaran dari kombinasi kemampuan membaca, sains dan matematika, prestasi dan kepintaran anak Indonesia usia 15 tahun berada pada posisi 62 dari 72 negara lain

Fakta yang lebih memprihatinkan, peringkat ini terus bertahan dari tahun ke tahun dan tidak menunjukkan kenaikan yang signifikan.

“Ketika kami mengetahui tentang peringkat PISA, kami meyakini, ini adalah sebuah tujuan yang dapat kami gaungkan melalui produk Sarden ABC yang membantu meningkatkan perkembangan otak. Kami percaya dengan nutrisi yang tepat seperti Omega 3 dan 6 yang terdapat dalam Sarden ABC didukung dengan pelatihan yang tepat, anak Indonesia berpotensi menjadi yang terpintar di dunia,” tutur Dhiren Amin, Head of Marketing Kraft Heinz ABC, South East Asia.

Sebagai merek yang telah menjadi bagian dari Indonesia lebih dari 40 tahun, ABC dengan produk yang dapat membantu meningkatkan perkembangan otak anak, Sarden ABC, memiliki visi untuk turut berkontribusi dalam membantu keluarga Indonesia mewujudkan anak tercerdas di dunia.

Berangkat dari hal inilah, Sarden ABC bersama Indonesia Mengajar meluncurkan ABC Sobat Cerdas, sebuah inisiatif yang bertujuan membantu anak-anak Indonesia dengan program pelatihan yang tepat dan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan perkembangan otak.

- -

ABC Sobat Cerdas merupakan program aktivasi sekolah yang akan mengunjungi sekolah demi sekolah dan memberikan asupan gizi yang tepat untuk anak-anak usia 10 – 12 dalam bentuk Sarden ABC. Program ini menargetkan 100 sekolah hingga akhir 2019.

Ahli nutrisi, Prof. DR. Ir. Ali Khomsan, M.Si. menjelaskan, anak yang kebutuhan nutrisi tercukupi tentu akan lebih produktif dan pintar. Setiap orangtua dapat mendukung kecerdasan putra-putri mereka dengan menyediakan makanan bergizi, salah satunya dengan masakan berbahan dasar ikan.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan, konsumsi ikan secara teratur dapat mendukung kecerdasan anak, karena ikan adalah makanan yang sarat akan nutrisi baik untuk otak.

“Nutrisi protein, Omega 3 dan Omega 6 yang terkandung dalam ikan terutama banyak ditemukan pada ikan sarden, seperti dalam Sarden ABC, merupakan komponen nutrisi yang penting untuk mendukung performa dan kebaikan otak,” terang Prof. Ali.

- -

Selain itu, ABC juga akan mendistribusikan “Sarden ABC : The Brainy Book” yang berisi soal-soal latihan seperti membaca, sains, dan matematika yang sesuai dengan kriteria penilaian PISA.

Modul pelatihan dalam buku ini dirancang bersama Doddy Feryanto (President Commisioner dan Mathematic Coach EduPiad) dan tim Indonesia Mengajar bersama Quantum Learning & Brain Based Teaching Method untuk memastikan pelatihan yang tepat untuk para siswa. Dhiren pun menyambut baik kerja sama yang mereka lakukan dalam program ini.

“Kolaborasi ini membantu kami menjangkau sekolah-sekolah dalam skala yang lebih besar, selain itu juga memberikan kami arahan untuk memberikan pelatihan yang tepat untuk anak-anak. Selain itu program ini juga sejalan dengan visi pemerintah untuk meningkatkan konsumsi ikan,” ujarnya.

Tidak cuma berisi soal-soal pelajaran, “Sarden ABC : The Brainy Book” juga memuat infomasi nutrisi dan aneka resep masakan bergizi penunjang kecerdasan otak yang dapat diterapkan seluruh keluarga Indonesia agar anak mereka semakin pintar dan berprestasi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com