Advertorial

Ingin “Road Trip” Bersama Keluarga? Ikuti Tips Ini Agar Perjalanan Aman

Kompas.com - 10/12/2018, 11:06 WIB

Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki akhir tahun dan ini berarti musim liburan panjang akan segera tiba. Nah, sudahkah Anda memiliki rencana untuk mengisi libur akhir tahun? Jika belum cobalah lirik road trip.

Road trip adalah perjalanan liburan menggunakan mobil. Pilihan jenis liburan ini akan sangat seru dan menyenangkan bila dinikmati bersama keluarga. Selain dapat membangkitkan jiwa petualang Anda dan keluarga, liburan ala road trip akan meninggalkan banyak kenangan berkesan.

Jika baru pertama kali melakukan road trip cobalah untuk memilih destinasi yang tidak terlalu jauh dan rutenya mudah dilalui. Agar perjalanan aman dan nyaman simak tips-tips mempersiapkan road trip bersama keluarga ini.

1.        Buat itinerary

Sebelum melakukan road trip Anda perlu melakukan riset dan membuat daftar destinasi wisata mana saja yang ingin dikunjungi. Kemudian buat itinerary, urutkan dari yang paling dekat ke yang paling jauh dan tuliskan rute perjalanan yang akan Anda lalui untuk mencapai setiap destinasi.

Lakukan juga riset soal kondisi destinasi wisata yang dituju dan kegiatan apa yang bisa dinikmati di sana. Dengan demikian Anda paham barang apa saja yang harus dibawa.

2.        Pesan akomodasi dari jauh-jauh hari

Saat road trip bersama keluarga Anda tetap memerlukan penginapan untuk beristirahat. Nah, mencari penginapan di musim liburan tidak semudah yang Anda bayangkan. Harganya bisa melambung tinggi. Anda bisa mendapat penginapan yang harganya terjangkau dan fasilitasnya bagus tersedia, tetapi harus adu cepat dengan pelancong lainnya. Oleh karena itu sebaiknya Anda mencari akomodasi dari jauh-jauh hari sehingga proses membandingkan harga dan memesannya lebih santai.

3.        Cek kondisi kendaraan sebelum pergi

Selama perjalanan roadtrip Anda akan sangat mengandalkan mobil. Oleh karena itu agar perjalanan aman lakukan pengecekan kondisi mobil secara. Mulai dari kondisi fisiknya, mesin, ban, sistem pengereman, hingga sistem penerangannya. Pastikan mobil layak digunakan untuk perjalanan jauh

4.        Siapkan ruang nyaman untuk anak

Agar anak-anak tidak rewel karena kelelahan Anda sebaiknya menyiapkan area duduk yang nyaman untuk mereka. Siapkan juga board game, buku bacaan, atau buku mewarnai agar mereka tidak bosan selama perjalanan.

5.        Bawa bekal makanan dan minuman

Selama road trip Anda tidak bisa berhenti di rest area atau restoran setiap waktu. Untuk mengganjal perut saat kelaparan di tengah kelaparan sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman. Bawa buah kering, keripik sayuran, biskuit rendah gula atau camilan sehat lainnya agar tetap sehat selama perjalanan. Untuk minum, cukup air putih.

6.        Siapkan kotak P3K dan kontak darurat

Pastikan isi kotak P3K dalam mobil masih dapat digunakan dan tidak kadaluarsa. Kotak P3K sangat berguna untuk melakukan pertolongan saat musibah tidak terduga terjadi. Misal anak terjatuh di lokasi wisata, atau kecelakaan-kecelakaan lainnya. Bawa juga obat-obatan untuk sakit perut, sakit kepala, dan demam.

Satu hal lagi yang penting adalah mencatat alamat rumah sakit terdekat dan bengkel di area yang Anda lalui sepanjang road trip. Anda juga wajib memiliki kontak darurat seperti nomor kontak ambulans, layanan mobil Derek, dan tentunya nomor kontak customer service mobil Anda.

Anda sangat beruntung jika melakukan roadtrip menggunakan mobil dari produsen yang punya jaringan bengkel resmi di seluruh Indonesia dan customer service yang siaga 24 jam 7 hari. Misalnya saja seperti Toyota Avanza.

Toyota saat ini didukung oleh 325 gerai layanan sales dan aftersales yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan di kota kecil sekalipun Anda bisa menemukan gerai layanan konsumen Toyota. Saat ini Toyota pun memiliki layanan Toyota Mobile Service dengan armada operasional yang lengkap.

Anda tidak perlu khawatir jika mobil memerlukan penggantian suku cadang. Melalui Toyota Mobile Service Anda bisa mendapatkan suku cadang dengan mudah dan harganya pun terjangkau. Kemudahan yang diberikan ini sesuai dengan filosofi Customer First yang menjadi standar kualitas pelayanan Toyota.

Segera rencanakan perjalanan Anda dan selamat menikmati road trip bersama keluarga!

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com