Rindu Liburan? Yuk, Piknik Sekeluarga ke 4 Pantai Eksotis di Jawa Barat Ini! - Kompas.com
Advertorial

Rindu Liburan? Yuk, Piknik Sekeluarga ke 4 Pantai Eksotis di Jawa Barat Ini!

Kompas.com - 10/12/2018, 11:13 WIB
- -

Menjelang akhir tahun tentunya hanya ada satu hal yang Anda pikirkan yaitu membayar lelah dan penat akibat kesibukan sehari-hari dengan liburan bersama keluarga. Nah, agar pikiran kembali segar dan semangat benar-benar pulih, sebaiknya liburan akhir tahun ini Anda memilih destinasi yang tidak ramai dengan wisatawan.

Pilihlah destinasi anti-mainstream. Tidak perlu jauh-jauh, Anda yang berdomisili di Jabodetabek dan sekitarnya bisa mencoba mengunjungi pantai-pantai eksotis yang tersebar di pesisir Jawa Barat.

Meski tidak sepopuler Bali sebagai destinasi wisata pantai, Jawa Barat ternyata punya pantai-pantai yang merupakan surga tersembunyi. Masih asri dan belum banyak diketahui wisatawan. Berikut rekomendasinya.

1.        Pantai Ujung Genteng

Pantai ini merupakan surga tersembunyi yang lokasinya berada di ujung Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sekitar 220 kilometer dari Jakarta. Perjalanan panjang Anda ke pantai yang masih sepi pengunjung ini akan terbayar dengan pemandangan cantik sepanjang perjalanan dan keindahan panorama lautnya. Anda dapat menikmati cantiknya pasir putih yang berkilauan diterpa cahaya matahari dan hamparan air laut yang biru jernih.

Meski deburan ombaknya cukup besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, pantai ini aman untuk dijadikan destinasi liburan keluarga. Selain berfoto dan bersantai di penginapan yang tarifnya berkisar antara Rp 150.000 – Rp 600.000, Anda juga bisa menikmati makanan laut dengan harga cukup terjangkau.

2.        Pantai Madasari

Anda yang ingin mencari suasana hening ditemani suara deburan ombak dan panorama laut wajib datang ke Pantai Madasari. Pantai yang terletak di Cimerak, Pangandaran ini menawarkan pemandangan alam yang masih asri dan bersih. Selain ombak menghantam karang hingga hamparan pohon ketapang di sekitar pantai, pemandangan matahari terbenam di pantai ini juga cantik.

Meski masih sedikit wisatawan yang mengetahui keberadaannya pantai ini merupakan destinasi yang paling diincar oleh para peselancar karena ombaknya yang bagus untuk surfing. Fasilitas umum seperti toilet dan musholla pun sudah tersedia.

3.        Pantai Tanjung Layar

Selain cantik, pantai ini menyuguhkan suasana tenang dan nyaman. Jika berkunjung ke pantai yang berlokasi di Sawarna, Banten ini ada satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan yaitu berkemah. Pengelola pantai menyediakan lahan khusus untuk Anda dan keluarga berkemah di tepi pantai. Anda bisa menikmati api unggun ditemani suara ombak.

4.        Pantai Manalusu

Pantai Manalusu menawarkan banyak keindahan. Selain air laut yang jernih dan pasir putih, surga tersembunyi di Cikelet, Garut ini menawarkan beragam keindahan alam lainnya. Anda bisa berfoto di hamparan karang hijau yang terbentuk secara alami. Anda juga bisa mencoba memancing atau menyewa perahu nelayan untuk melihat ikan-ikan berwarna-warni dari permukaan airnya yang jernih.

Jika ingin liburan Anda lebih nyaman cobalah untuk mulai riset, terutama mengenai akses untuk mencapainya. Pantai-pantai yang belum banyak dijamah turis biasanya lokasinya tersembunyi dan beberapa masih sulit dijangkau.

Untuk mencapai Pantai Ujung Genteng misalnya, Anda perlu melewati jalan berkelok-kelok, menanjak, dan terjal. Beberapa bagian jalan juga belum mulus. Begitu juga untuk mencapai ketiga pantai lainnya seperti Pantai Madasari, Pantai Tanjung Layar, dan Pantai Manalusu. Anda harus melalui rute yang tidak mudah, terkadang ditambah dengan kondisi jalan yang gelap di malam hari.

Selain harus pandai memilih rute yang nyaman untuk perjalanan keluarga, Anda juga harus memilih kendaraan yang cocok untuk berbagai kondisi jalan. Pilih mobil keluarga yang memiliki sistem gerak roda belakang (rear wheel drive) seperti Toyota Avanza.

Jika memiliki sistem gerak roda belakang, risiko slip atau roda tergelincir saat melalui jalan berbatu, menanjak, dan licin akan terminimalisasi. Daya dorong saat menanjak pun lebih kuat meski mobil mengangkut muatan banyak.

Laju mobil juga akan lebih stabil di kondisi jalan yang berkontur seperti di daerah pesisir. Mobil juga lebih mudah bermanuver di jalan berliku sebab derajat putaran roda tidak terbatas oleh drive shaft.

Tidak hanya itu, fitur sistem gerak roda belakang juga dapat memastikan perangkat suspensi dan kaki-kaki pada mobil lebih kuat menahan beban sehingga awet. Perjalanan aman, nyaman, mobil pun tahan lama.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: